Tips Memilih Batu Akik
Feb201511

Batu mulia atau batu akik, akhir-akhir ini sedang naik pamor. Kalau biasanya yang memakai batu akik ini identik dengan aki-aki, sekarang banyak anak muda yang juga menyukai batu akik. 

Mungkin kalau sekarang, batunya ganti nama jadi batu akang, karena yang pake akang-akang.

Baraya yang juga tertarik untuk mengkoleksi batu jenis ini, berikut tips ala Radio Cakra untuk memilih batu akik:

  1. Bagi baraya pemakai hp touch screen (layar sentuh) bisa mengujicobakan keaslian batu akik dengan cara menyentuh layar dengan batu akik. HP akan aktif jika disentuh dengan batu asli, sebaliknya Layar sentuh tak akan berfungsi (bergerak) jika disentuh dengan batu sintetis. Walaupun tidak semua batu bisa berfungsi, tapi untuk langkah awal menentukan batu asli bisa melakukannya dengan cara ini.
  2. Cara berikutnya yaitu dengan menempelkan pada daun telinga bagian bawah, jika terasa dingin itu dapat dikelompokkan batu asli dan kalau lebih dingin, pasti es batu. adapula yang melakukannya dengan menempelkan di pipi. Artinya batu asli relatif lebih dingin mungkin karena sifat mineralnya yang meyerap energi.
  3. Dapat pula dengan memanaskan batu dengan bara rokok atau korek api, batu Akik asli tidak akan mengalami perubahan warna saat dipanaskan. Panaskan cukup satu kali, karena batu akik tidak akan mudah kadaluarsa.
  4. Bobot Batu akik asli cenderung lebih berat dan Batu akik asli akan terlihat serat didalamnya. Serat yang baik yaitu berupa serattttttus ribuan.

 

Jadi, Baraya udah bisa kan bedain batu asli dan batu palsu? 🙂