Rahasia Keistimewaan Ramadhan Di Tahun 2016
Jun201609

Ramadhan telah tiba nih baraya! Alhamdulillah setelah ditetapkan oleh kementrian Agama, akhirnya 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Tahun ini ada yang istimewa loh. Apa siih? Dalam suatu Ramadan yang terdiri dari 29 atau 30 hari, umumnya kita akan menemui 4 kali hari agungnya umat muslim, yaitu Jumat. Namun dalam keadaan tertentu dan mungkin jarang sekali, akan ditemui dalam suatu Ramadan ada 5 kali hari Jumat. Nah, Ramadhan tahun ini Insya Allah sangat spesial bagi kita orang Indonesia khususnya yang berhubungan dengan lamanya waktu puasa.

Diantara keistimewaan Ramadhan tahun ini adalah:

1 Ramadhan : hari Jum’at
8 Ramadhan : hari Jum’at
15 Ramadhan : hari Jum’at
22 Ramadhan : hari Jum’at
29 Ramadhan : hari Jum’at

Hal ini berarti, ramadhan Tahun ini Insya Allah kita akan bertemu dengan 5 kali hari Jum’at. Hal ini terjadi selama 20 tahun sekali. Inilah istimewanya ramadhan tahun ini. Seperti kita semua ketahui bahwa hari Jum’at adalah hari raya umat Islam. Hari yang spesial. Baraya juga harus tahu nih… Ramadhan tahun ini akan menjadi Ramadhan dengan waktu siang terpanjang selama 33 tahun ke belakang.

Itu bermakna Ramadhan kali ini, Alloh memberi kesempatan bagi kita untuk memperoleh pahala lebih besar dalam 33 tahun. meskipun belum ada hadis yang menjelaskan keutamaan 5 Jumat di bulan Ramadan ini, namun kita tahu benar bahwasannya, hari rayanya umat Islam itu hari Jumat, bahkan seseorang yang meninggal di hari Jumat maka dosa-dosanya dihapuskan, dan lagi doa yang dipanjatkan pada hari Jumat tidak terhalang.

Kelebihan dari adanya kejadian langka ini adalah memiliki kesempatan memperbanyak catatan pahala karena Jumat yang merupakan hari agung ketika ada di bulan Ramadan akan “semakin agung”. Masya Allah… Kesempatan yang bagus nih bray untuk memperbaiki ibadah kita dan memperbanyak amal untuk bekal di akhirat. Selamat menjalankan ibadah puasa dan jangan terlewat dengan program special ramadhan di radio cakra. Ingat Radio, Ingat cakra. Geber berkah bray!