PLASTIK BERBAYAR – KENAPA? GIMANA CARA MENGATASINYA???
Mar201607

Bertepatan dengan hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari kemaren mulai di uji coba kebijakan baru dari pemerintah soal penggunaan kantung plastik di Supermarket, Hypermarket sampai Mini Market, yang mengharuskan konsumen membayar 200 rupiah untuk 1 kantung plastik. Hal ini dilakukan karena Indonesia menduduki peringkat ke 2 penyumbang sampah plastik di Laut. Kalau semakin diteruskan, penggunaan plastik yang berlebihan lama-kelamaan bakal terkena imbas dari dampak negatif yang ditimbulkan limbah plastik itu terhadap Lingkungan contoh paling nyata dan sering terjadi akibat limbah plastik adalah musibah Banjir.

Kebijakan ini udah dilakukan di 23 daerah di indonesia diantaranya Bandung dengan rentang harga 200 sampai 4.500 rupiah tergantung dari produksi limbah sampah di tiap daerah tersebut. Semakin banyak produksinya maka semakin besar harga yang di berikan untuk 1 kantung plastik. Nah Hasil dana dari penjualan kantung plastik itu nantinya akan menjadi Dana Publik. Nantinya Dana Publik ini di berikan kepada Organisasi non pemerintah Lingkungan Hidup untuk kegiatan pengelolaan dan daur ulang sampah.

Jadi mulai sekarang untuk menghemat penggunaan plastik Baraya Cakra mulai membiasakan diri buat membawa kantung belanja ramah lingkungan sendiri setiap mau belanja, selain ga perlu bayar lagi Baraya Cakra juga bisa membantu memperbaiki Lingkungan Hidup menjadi lebih baik dan yang pasti bisa belanja cantik tanpa kantung plastik.

Yuk bikin Tas Belanja Greget Ala Cakra

Dengan bahan engga kepake di rumah Baraya Cakra Bisa loh bikin sendiri kantung belanja sendiri, pertama Baraya cakra siapin kaos yang engga kepake ukuran kalau bisa yang besar ya trus jangan lupa siapin gunting juga. Nah tinggal deh gunting bagian lengan dan leher kaos dengan ukuran yang disesuaikan sama garis bajunya untuk leher di potong membentuk huruf U.

Selesai di bagian leher saatnya potong di bagian bawah kaosnya membentuk rumbai-rumbai, pastikan jarak rumbai-rumbainya engga terlalu dekat ataupun jauh. Ikatkan satu rumbai di bagian depan dan bagian belakang satu persatu sampai semua bagian di bawah kaos tertutup semua. Inget ikatan ini harus berada di satu garis biar menarik. Setelah selesai diikat tas nya udah siap deh digunakan

Tuh gampang kan ? ga ribet..ga perlu dijahit dan yang terpenting mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. Mangga di cobian di bumi ya Baraya Cakra….