Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Nov201509

Baraya cakra pernah makan daun pepaya? Pasti yang terbayang adalah rasanya yang pahit ya? Daun pepaya memang memiliki rasa yang pahit, baraya. Tapi nggak sepahit kenyataan hidup kok. Hahaha. Dibalik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan. Selain daunnya, seluruh bagian dari pohon pepaya memiliki khasiat juga, baraya. Daun pepaya muda dimakan seperti sayur dalam beberapa masakan khas Indonesia. Dan air rebusan daun pepaya, juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, seperti berikut apa saja manfaat daun pepaya ? Sebelumnya kita bahas dulu yuk kandungan gizinya.

Kandungan gizi yang terdapat pada daun pepaya:

  • Vitamin B, A, C, D, E
  • Kalsium

Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

Manfaat Daun Pepaya
#AslinaBray, dibalik kepahitan rasanya, daun pepaya mengandung banyak sekali manfaat. Jadi buat baraya yang nggak terlalu suka sama rasanya yang pahit, coba deh dipertimbangkan lagi. Soalnya manfaat dari daun pepaya ini banyak banget loh.

1. Mencegah kanker
Menurut penelitian, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker. Daun yang terasa pahit, #AslinaBray memang banyak mengandung zat anti kanker.

2. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin. Zat tannin ini akan melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga cacing di usus tidak dapat menempel. Dengan demikian, daun pepaya secara efektif akan menekan penyebab terjadinya sakit tifus.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat lain dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan pembaruan sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh, baraya.

4. Anti Malaria
Daun Pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga lho. Dengan demikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

5. Pencegahan Demam Berdarah
Baraya pasti sudah tidak asing dong dengan penyakit demam berdarah. Sampai sekarang, kita suka bingung mau diobati dengan apa. Ternyata nih, jus daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa masalah efek samping. #AslinaBray Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi sudah menggunakan persiapan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter merekomendasikan mengambil 20 sampai 25 ml jus ini dua kali sehari selama seminggu untuk hasil yang cepat.

6. Mengurangi Nyeri Haid
Nyeri saat dating bulan / haid adalah masalah kebanyakan banyak wanita. #AslinaBray para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minum ramuan ini pada saat datang bulan.

7. Membantu Pencernaan
Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. #AslinaBray rebusan daun pepaya dapat mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan.

9. Daun Pepaya dapat Mengatasi Jerawat

  • Anda mungkin baru mendengar bahwa daun pepaya dapat mengobati Jerawat membandel. Cobalah, ini akan sangat efektif bagi anda yang mengalami masalah jerawat.
  • Cara Penggunaan :
  • Ambil daun pepaya muda
  • Keringkan daun tersebut.
  • Blender dengan air secukupnya untuk dibuat seperti pasta.
  • Ambil pasta yang telah jadi dan gunakan sebagai maskter.
  • Biarkan kering dalam 10-30 menit,
  • Cuci dan bilas bersih.

11. Mencegah Katarak
Daun pepaya sangat penting untuk mencegah penyakit katarak.

12. Emfisema
Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru paru.

Selain untuk kesehatan, daun pepaya juga baik untuk kecantikan lho!

Daun Pepaya Untuk Kecantikan
#AslinaBray khasiat buah pepaya diketahui sangat bagus untuk kulit dan telah tergabung dalam produk perawatan kulit untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya. Selain itu pepaya sering digunakan dalam sejumlah formulasi perawatan rambut untuk shamp atau kondisioner, berikut ini beberapa diantaranya :

  • Agen pembersih kulit – Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan noda.
  • Kondisioner Alami – ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai  kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan mmebuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.
  • Menghilangkan ketombe – Ekstrak daun pepaya terutama digunakan sebagai bahan pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping, bray.

Nah, setelah mengetahui khasiat serta kandungan alami dari daun pepaya. Baraya yakin masih takut dengan rasanya yang pahit? Oke deh, sekarang kita kasih tips bagaimana rasanya menghilangkan rasa pahit daun pepaya, simak ya!

Tips Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya
Bersihkan daun pepaya, rebus dengan beberapa lembar daun jambu biji. Setelah direbus, bilas dengan air dan dapat diolah sesuai resep ciamik ala baraya cakra.

Cara kedua, dapat dengan merebus daun pepaya dengan garam sampai layu kemudian bilas lagi dengan air dan rebus lagi sampai matang. #AslinaBray langsung saja olah daun pepaya yang sudah tidak begitu pahit. Tapi tetap dengan khasiat yang sama baiknya.

Selamat mencoba, Bray!