Manfaat Buah Kurma
Jun201505

Salah satu sumber kesehatan adalah dari asupan makanan yang kita makan. Salah satu makanan sehat dan khas di bulan Ramadhan, yaitu buah kurma. Buah ini selalu menjadi tren di bulan Ramadhan, selain disunahkan oleh Rosulullah SAW seperti yang terkandung dalam salah satu hadist Nabi berbunyi : “Bahawa Rasulullah s.a.w. berbuka puasa dengan beberapa biji rutab sebelum bersolat. Sekiranya tiada rutab, maka dengan beberapa biji tamar, dan sekiranya tiada tamar, maka Baginda minum beberapa teguk air.” (Riwayat Imam Ahamd dan Tirmizi).

Bukan semata disunahkan, baraya. Memakan buah kurma mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita, diantaranya :

  1. Manfaat buah kurma sebagai penangkal racun. Dengan memakan 7 butir kurma setiap hari dapat melawan racun karena kurma memiliki kandungan vitokimia serta memiliki zat antioksidan.
  2. Manfaat buah kurma untuk sumber energi. Buah kurma memiliki kandungan energi untuk tubuh sehingga buah ini sering dijadikan sebagai makanan berbuka puasa.
  3. Manfaat buah kurma untuk mencegah kanker usus besar. Kurma yang kaya serat dapat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia sehingga mencegah kanker usus besar.
  4. Kurma dapat melancarkan buang air besar. Nah yang pada kembung gara-gara susah BAB kenapa ga mencoba dengan yang alamani trus dapat pahala lagi, masih banyak manfaat buah kurma tetap di 90.5 radio cakra, geber bray
  5. Kandungan vitamin A pada buah kurma memiliki manfaat  kesehatan mata , kesehatan kulit dan melinduungi dari kanker paru paru dan kanker mulut.
  6. Kandungan tannin pada kurma yang merupakan anti infeksi anti inflamasi dan anti hermaracik.
  7. Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
  8. Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek.
  9. Kalium yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan zat besi dan B Kompleks mikro nutrient untuk membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia.
  10. Zinc meningkatkan hormone testosterone untuk meningkatkan kebugaran pria.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Selain beberapa manfaat diatas, khusus untuk ibu hamil yang biasanya harus memilah-milah makanan sehat, buah kurma punya manfaat istimewa, antara lain :

  1. Kurma mengandung zat besi untuk mencegah anemia sehingga buah ini baik untuk ibu hamil.
  2. Kurma mengandung hormone oksitosin yang berguna untuk memperlancar persalinan dan asi.
  3. Kandungan Glukosa dan Fructosa dan karbohidrat yang ada dalam buah kurma akan menambah kekuatan dalam proses persalinan.
  4. Mengandung kalium yang bagus untuk mempertahankan kontraksi otot jantung.
  5. Mengandung serat fiber yang sangat bagus untuk memperlancar proses pembuangan.
  6. Kurma mengandung Nutrisi Kalium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.

Buah kurma, si kecil yang penuh manfaat untuk kita semua. Yuk mulai sekarang kita konsumsi buah yang selain enak, juga penuh manfaat. #GeberBerkahBray

Writer : Eha Julaeha (Dari Berbagai Sumber)