Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam
Jun201609

Baraya tahukah bahwa di bulan suci ramadhan tahun ini, kita akan bertemu dengan 5 kali hari jumat yakni 1 Ramadhan , 8 Ramadhan, 15 Ramadhan , 22 Ramadhan , 29 Ramadhan yang semuanya jatuh pada hari jumat. Konon hal ini terjadi setiap 20 tahun sekali loh. Hari jumat dipercaya sebagai hari raya bagi umat islam di seluruh penjuru dunia. Sehingga ramadhan tahun ini dianggap istimewa bagi seluruh umat muslim. Nah berikut ini adalah keunikan dari Hari Jumat bagi umat muslim apa saja sih…..

  1. Bahwasanya ia adalah sebaik-baik hari.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda,

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

  1. Hari ini mengandung kewajiban sholat Jum’at

Kewajiban sholat Jum’at merupakan ibadah sebesar-besarnya kewajiban Islam yang paling ditekankan dan seagung-agungnya berhimpunnya kaum muslimin khususnya bagi kaum lelaki. Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan sholat Jum’at) karena meremehkannya, niscaya Alloh tutup hatinya.

  1. Orang yang berdoa di hari Jumat akan di kabulkan

Ternyata hari jumat juga merupakan hari dimana terdapat waktu dimana jika Baraya memanjatkan doa insya allah akan cepat di kabulkan. Dan hal ini dijelaskan melalui hadist Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salambersabda,

إن في الجمعة ساعة لا يوافقها عبد مسلم وهو قائم يصلى يسأل الله شيئا إلا أعطاه إياه

”Sesungguhnya di dalam hari Jum’at ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jum’at) sedangkan ia dalam keadaan berdiri sholat memohon sesuatu kepada Alloh, melainkan akan Alloh berikan padanya.” (Muttafaq ’alaihi)

  1. Bersedekah di Hari Jumat jauh lebih baik daripada bersedekah pada hari lainnya.

Bersedekah di hari jumat juga konon jauh lebih baik daripada di hari lainnya, Baraya akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda, sama halnya pada saat Baraya bersedekah di bulan Ramadhan. Seperti yang dijelaskan dalam Hadist Ibnul Qayyim berkata, ”Bersedekah pada hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Dan di dalam hadits Ka’ab juga (dikatakan),

والصدقة فيه  أعظم من الصدقة في سائر الأيام

”Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya.” (haditsmauquf shahih namun memiliki hukum marfu’).

  1.  Hari dimana Allah SWT memuliakan kaum mukminin di dalam syurga

Di dalam hadist riwayat Anas bin Malik  radhiyallahu ’anhu, beliau berkata bahwa setiap hari jumat Allah SWT memuliakan kaum mukminin di hari jumat.

  1. Ia adalah hari ’Ied (perayaan) yang berulang-ulang setiap pekan.

Hari jumat juga merupakan hari perayaan besar bagi umat islam bahkan Allah menyuruh umatnya untuk selalu mandi dan membersihkan diri pada saat umatnya bertemu hari jumat.

  1. Jumat adalah hari yang menghapuskan dosa-dosa.

Hari Jumat dianggap sebagai hari untuk menghapuskan dosa-dosa umat muslim bahkan umat muslim diwajibkan untuk bersuci dan melaksanakan ibadah shalat jumat bagi kaum lelaki. Kemudian barang siapa beribadah di hari jumat dan diam pada saat imam berkhutbah maka segala dosa yang dilakukan selama hidupnya akan di ampuni antara hari jumat ini dengan hari jumat lainnya.

  1. Orang yang berjalan untuk menunaikan sholat Jum’at, pada tiap langkah kakinya ada pahala puasa dan sholat setahun.

Buat Baraya cakra yang suka melaksanakan shalat jumat harus bangga dan berbahagia karena ternyata barangsiapa yang mandi dan berwudhu pada hari jumat kemudian ia bersegera melaksanakan shalat jumat dan mendengarkan ceramah imam maka bagi orang itu setiap langkah kakinya akan mendapat pahala puasa dan shalat selama setahun.

  1. Api di Neraka Jahanam akan di nyalakan setiap hari kecuali hari Jumat

Selain keistimewaan lainnya ternyata pada hari jumat api di neraka jahanam akan di matikan. Hal ini membuktikan bahwa Hari Jumat merupakan hari yang agung bagi umat islam.

  1. Jika seseorang meninggal di hari Jumat Insya Allah Husnul Khotimah

Seperti yang diriwayatkan dari hadist Ibnu ’Amr radhiyallahu ’anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله تعالى فتنة القبر

”Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Alloh Ta’ala lindungi dari fitnah kubur.” (R Ahmad dan Turmudi, dishahihkan oleh al-Albani).

Jadi apabila ada orang yang wafat di hari jumat, Insya Allah ia akan dilindungi dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua malaikat, yakni Malaikat Munkar dan Nakir.

Nah itu dia keistimewaan Hari Jumat bagi umat islam semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Baraya Cakra semua. Sudah tahu kan kalau ternyata hari jumat adalah hari yang istimewa yuk kita manfaatkan hari jumat ini dengan amalan yang positif ya..:D