Kebiasaan di Rumah yang Merusak Kesehatan
Nov201509

Tanpa disadari apa yang Baraya lakukan di rumah dan lingkungan berdampak cukup besar bagi kesehatan lho.

Beberapa kebiasaan tampak sepele seperti membiarkan lampu menyala sepanjang Baraya tidur di malam hari, atau mengecat dinding dengan warna oranye.

Kebiasaan yang remeh itu ternyata berdampak bagi kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Lampu menyala
Sebaiknya Baraya mematikan lampu saat tidur malam. Lampu yang menyala saat tidur membuat sistem tubuh bingung, sehingga mengganggu fungsi kerja tubuh. Akibatnya, produksi hormon terganggu dan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker.

2. Cat dinding
Jika cat dinding rumah Baraya berwarna oranye atau merah, sebaiknya ganti dengan warna lain. Pasalnya, warna tersebut dapat memicu stres dan rasa takut berlebih. Brian Wansink, spesialis perilaku dari Cornell University USA, mengatakan bahwa warna terang dapat menstimulasi otak dan membuat kita makan lebih cepat. Untuk kamar, warna biru adalah yang paling tepat. Mereka yang memiliki kamar warna biru cenderung memiliki kehidupan seks menyenangkan.

3. Televisi besar
Sesuaikan besarnya layar televisi Baraya dengan jarak sofa. Jika Baraya memiliki televisi 32 inci, beri jarak dari TV ke sofa sekitar 120 centimeter. Jarak yang terlalu dekat antara sofa dan TV dapat menyebabkan gangguan pada mata dan sakit kepala.

4. Lingkungan bising
Tinggal di lingkungan yang bising dan penuh polusi ternyata dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan Imperial College tahun 2008 menunjukkan bahwa suara berkekuatan lebih dari 35 desibel atau setara suara mobil berkekuatan tinggi, dapat memicu tekanan darah tinggi, meskipun Baraya sedang tertidur lelap.

5. Pepohonan
Menurut penelitian yang dilakukan Exeter University baru baru ini, pepohonan di sepanjang jalan rumah Baraya dapat mengurangi risiko depresi. Selain itu, tanaman di rumah juga membantu mengurangi rasa takut, serta memberikan ketenangan bagi penghuninya.

6. Gorden kamar
Gorden kamar yang tipis sehingga sinar lampu jalan mampu menembus kamar dapat menyebabkan obesitas penghuni kamar. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan The Institute of Cancer Research.

7. Tetangga
Tetangga yang menyenangkan ternyata mampu mengurangi risiko penyakit, seperti serangan jantung. Demikian hasil penelitian The University of Michigan tahun 2014. Hubungan baik dengan tetangga mampu menaikkan level kesehatan fisik maupun emosi, sehingga mengurangi tingkat stres.

8. Pintu rumah
Jika Baraya masuk ke dalam rumah lewat pintu dapur, Baraya akan bermasalah dengan berat badan. Menurut Professor Jason Halford, psikolog University of Liverpool, memasuki rumah melalui pintu dapur dapat merangsang otak untuk makan, makan, dan makan.

9. Jemuran pakaian
“Menjemur pakaian di dalam rumah membuat rumah Baraya menjadi lebih lembab,” ujar Professor Peter Howarth, spesialis alergi dan kesehatan pernafasan Southampton University. Kelembaban udara yang berasal dari pakaian basah dapat menimbulkan infeksi dan iritasi pernapasan, batuk, dan asma.

Hayo ngaku, baraya cakra sering melakukan hal-hal diatas ga? Coba dikurangi ya, bray. Biar hidup semakin sehat dan salah satu cara untuk hidup yang lebih sehat itu dengerin 90,5FM Radio Cakra loh… Hahaha