HARI BURUH DI INDONESIA
Apr201629

Banyak dari kita yang masih belum mengetahui kenapa sih hari buruh ini dinamakan May Day dan bagaimana sih sejarahnya di indonesia. Jadi May Day sendiri memiliki banyak arti bagi sebagian orang di negara yang memiliki empat musim, tanggal 1 Mei atau May Day adalah untuk merayakan perayaan musim semi. Sedangkan untuk beberapa orang lainnya adalah untuk memperingati dan mengenang perjuangan para pekerja buruh industri di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Kata May Day ini sendiri berasal dari penanggalan kuno Inggris Saxon.

Pada tahun 1918 , Indonesia mengadakan peringatan hari buruh yang diselenggarakan di kota Surabaya oleh perserikatan Buruh Kung Tang Hwee Koan. Serikat buruh ini sebenarnya memiliki markas besar di Shanghai, tetapi organisasi perserikatan  buruh ini memiliki ratusan anggota di Kota Surabaya. Hanya saja pada perayaan hari buruh 1 mei 1918 ini bangsa indonesia sendiri sama sekali tidak menghadiri justru yang mendominasi adalah bangsa eropa. Tetapi sejarah selanjutnya mencatat bahwa 1 Mei 1918 yang berlangsung di Surabaya tersebut ialah cikal bakal peringatan Hari Buruh Sedunia pertama kali yang berlangsung di tanah air, malahan disebut-sebut pertama kalinya yang diselenggaraan di Asia.

Perayaan hari buruh tidak saja di dominasi oleh kaum komunis saja tetapi kaum non komunis juga ikut berpartisipasi, pada tahun 1921 Tjokroaminoto juga ikut meramaikan peringatan hari buruh dengan cara memberikan pidato resmi untuk mewakili serikat buruh yang pada saat itu masih dibawah pengaruh Serikat Islam (SI). Pada tahun 1948 silam, dikeluarkanlah UU Kerja nomor 12 / 1948 yang secara resmi, mengesahkan apabila pada 1 Mei sebagai tanggal yang resmi hari Buruh. Pada pasal 15 ayat 2 UU No. 12 tahun 1948 disana dikatakan, Pada hari 1 Mei, buruh dibebaskan dari kewajiban bekerja’. Itulah Sejarah Singkat Hari Buruh di Indonesia, May Day, waktu pemerintahan Presiden Soekarno masih berjalan, peringatan Hari Buruh sudah secara rutin berjalan juga resmi diakui oleh pemerintah waktu itu.

Pada masa pemerintahan orde baru, hari buruh tidak di peringati di Indonesia dan tidak ada hari libur apapun di tanggal 1 Mei. Hal ini disebabkan karena hari buruh identik dengan gerakan dan paham komunisme yang diakibatkan kejadian G30SPKI. Pada masa Presiden Soeharto, kegiatan May day ini diidentikan dengan ideologi komunis, padahal May day atau hari buruh banyak diperingati juga oleh negara-negara nonkomunis. Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota hingga saat ini. Selamat Hari Buruh Nasional.. 🙂