Fakta Unik Pemilu di Indonesia
Aug201425

Saat ini kita sudah mendengar keputusan dari KPU tentang siapa yang menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Pemimpin yang terpilih diharapkan dapat memberi pelayanan yang baik kepada rakyat Indonesia. Misalnya, pendidikan, lapangan kerja, layanan kesehatan, perumahan, ketersediaan air dan makanan yang lebih baik. Ssst, ternyata Pemilu Indonesia itu sangat rumit dan mahal lho. Mau tahu bagaimana rumit dan mahalnya Pemilu di Indonesia? Berikut fakta unik pemilu di Indonesia versi Radio Cakra:

  • Ada sebanyak 190 juta surat suara ¬†yang harus disediakan negara untuk pemilih umum. Surat suara tersebut diberikan kepada orang dewasa yang sudah berusia 17 tahun ke atas.
  • Selain itu negara harus membagikan ratusan juta surat suara ke berbagai pelosok daerah Indonesia. Dari Aceh sampai Papua., cara membawa surat suara itu ada yang memakai kapal laut, pesawat terbang, dan bahkan, surat suara ada yang diangkut memakai kuda untuk menembus hutan terpencil.
  • Pemilu di Indonesia terkenal sangat singkat karena pemilihannya dilakukan hanya dalam waktu sehari, sedangkan pemilu di berbagai negara berbeda, salah satunya di India, pemilu diadakan selama 5 minggu.
  • Pemilu di Indonesia bukan hanya ribet dan unik tapi juga mahal. Biaya yang diperlukan¬† kurang lebih mencapai 2 milyar dolar Amerika atau 18 trilyun rupiah dalam sekali pemilihan umum.
  • Selain butuh biaya yang mahal pemilu di Indonesia ini terkenal dengan aksi aksi dari masyarakatnya yang aktif sehingga memerlukan jutaan pengawas di dalam pemilu, kali ini aja ada sebanyak 4,5 juta orang ditugaskan sebagai panitia yang mengawasi pemilu.
  • Selain pengawas dan panitia pemilu, negara kita juga mengerahkan 250 ribu polisi untuk mengawal pelaksanaan pemilu supaya berjalan dengan jujur dan adil.

Wah, betapa rumit dan mahalnya pemilu di Indonesia ya? Oleh karena itu, setiap pemilih di Indonesia diharapkan dapat memilih dengan penuh tanggung jawab demi kebaikan negara kita.