Mar201706

pic_11_komodo_island

Hari Senin ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Taman Nasional Komodo yang ke-37 oleh karena itu Baraya akan mimin ajak untuk mengenal hewan Komodo yang merupakan salah satu hewan asli dari Indonesia….

1.      Komodo 

Komodo, atau dalam bahasa latin disebut Varanasus Komodoensis merupakan hewan spesies kadal terbesar di dunia dan hidup di indonesia. Komodo juga dianggap sebagai hewan khas asli indonesia. Komodo sendiri memiliki habitatnya di Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur. Komodo sendiri merupakan bagian dari hewan purbakala dan sudah ada sejak 25-40 tahun yang lalu. Komodo juga dikenal sebagai kerabat dekat dari Dinosaurus, bahkan hewan ini dianggap sebagai “Dinosaurus Terakhir di Dunia”. Komodo sendiri dianggap memiliki waktu hidup yang terpanjang untuk spesies kadal. Komodo Jantan bisa hidup sampai umur 50 sedangkan Komodo Betina bisa hidup sampai umur 31 tahun.

2.      Habitat Komodo muda berada di Pohon

Tahukah Baraya kalau ternyata komodo muda suka berada di atas pohon sebagai tempat untuk berlindung dari predator dan juga ancaman komodo kanibal

3.      Makan hanya sekali dalam sebulan

Komodo Dewasa juga memiliki kebiasaan untuk makan makanannya misalnya kerbau, atau kijang langsung tanpa dikunyah kemudian komodo akan beristirahat selama satu bulan penuh tanpa makan sedikitpun. Sedangkan untuk komodo muda biasanya hanya memakan hewan yang masih kecil seperi serangga.

4.      Matahari dianggap mampu mempercepat proses pencernaan komodo

Perlu diketahui juga biasanya Komodo setelah makan selalu mencari sinar matahari dan menjemur diri. Hal ini dilakukan karena komodo memiliki kebiasaan untuk memakan makanannya tanpa dikunyah, agar proses pencernaannya menjadi lebih mudah komodo menggunakan sinar matahari untuk mempercepat proses pencernaannya.

5.      Komodo dapat berkembang biak tanpa pejantan

Hewan unik ini ternyata mampu berkembang biak tanpa pejantan loh, bahkan dengan kemampuan ajaibnya ini menjadi salah satu alasan mengapa komodo menjadi hewan yang dapat bertahan dari kepunahan. Tetapi perkembang biakan ini hanya dapat menghasilkan komodo jantan. Itulah sebabnya mengapa komodo jantan lebih banyak daripada komodo betina dengan perbandingan 3:1. Dan pada musim kawin sendiri 3 komodo jantan akan memperebutkan 1 komodo betina. Saat bertarung biasanya komodo akan menggunakan  kedua kaki belakangnya. Setelah kawin komodo dapat mengeluarkan 15 – 30 Butir Telur.

6.      Komodo adalah Binatang soliter

Hampir sebagian spesies hewan pasti akan bekerja sama dalam mencari makanannya untuk kepentingan kelompoknya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi komodo, hewan ini akan mencari makanannya sendiri bahkan tidak jarang saling memperebutkan makanan.

7.      Lidah Komodo berbahaya

Lidah komodo memiliki bentuk yang mirip dengan lidah ular, hal ini berfungsi untuk mengikuti jejak aroma dengan menggunakan lidahnya. Selain itu Baraya juga harus berhati-hati terhadap lidah komodo terutama air liurnya karena dianggap sebagai senjata terampuh untuk melumpuhkan bahkan membunuh mangsanya, karena di dalam liur komodo terdapat puluhan Bakteri yang mematikan.

8.      Komodo memiliki kecepatan tinggi dalam berlari

Hewan Reptil ini dapat berlari dengan kecepatan 20 km/ jam dan merupakan salah satu reptil dengan kecepatan tinggi dalam berlari. Namun Komodo sendiri memiliki kelemahan dalam berlari yakni tidak bisa berlari secara Zig Zag. Itulah sebabnya jika Baraya dikejar oleh komodo sebaiknya berlari secara zigzag sehingga komodo akan bingung dan menghambat hewan ini dalam melakukan pengejaran.

Nah itu dia beberapa fakta unik tentang Hewan Komodo, semoga informasi ini dapat membantu Baraya untuk lebih mengenal hewan reptil legendaris asli indonesia ini. Selamat Hari Jadi ke – 37 Taman Nasional Komodo semoga senantiasa bisa memberikan habitat yang nyaman bagi hewan-hewan Komodo ..:)