Jun201712

20140630_090736_puasa-anak-latihan

Bulan ramadhan bukan hanya di jalani oleh orang dewasa saja tetapi menjadi ajang pembelajaran baru bagi si kecil, bukan hanya sekedar belajar agama saja tetapi juga belajar untuk mengendalikan diri dan kesabaran. Nah tapi bagaimana sih caranya agar si kecil bisa berpuasa dengan baik dan benar untuk pertama kalinya ?

  1. AJAK ANAK PUASA

Baraya  sudah bisa mengajarkan anak puasa sejak usia 5-6 tahun. Pertama yang bisa Baraya lakukan adalah mengajaknya lebih dulu untuk puasa, tidak perlu dipaksa. Ia akan penasaran apa itu puasa, dari sini Baraya bisa menjelaskan seperti apa itu puasa dan mengapa kita perlu melakukannya.

  1. AJAK ANAK MENYIAPKAN MAKANAN FAVORITNYA

Baik saat berbuka maupun sahur, coba Baraya  masak makanan yang disukai anak agar ia bersemangat melakukan puasa.

  1. JAUHKAN DAN MENYEMBUNYIKAN SEMUA MAKANAN DAN MINUMAN DARI PANDANGAN

Anak-anak akan sangat mudah tergoda ketika ada makanan dan minuman di depannya, bahkan mencium aroma makanan sudah mampu membuat mereka menyerah puasa. Nah, untuk mengatasinya, Baraya harus bisa menciptakan suasana puasa. Seperti misalnya tidak memasak jika belum mendekati waktu berbuka, tidak mengajak anak ke tempat-tempat ia akan melihat makanan.

  1. MENGINGATKAN ANAK UNTUK TIDAK BERAKTIVITAS MENGURAS TENAGA

Anak-anak biasanya suka bermain dan berlarian, ingatkan bahwa ia akan cepat lelah dan membuat puasanya batal. Untuk membuatnya tetap aktif dan tidak bosan, gantikan dengan aktivitas seperti membaca, mewarnai dan main game.

  1. BIARKAN ANAK TIDUR SIANG

Ketika anak tidur siang, tidak akan terasa puasanya. Cara ini membantunya tetap bisa menjalani puasa seharian. Dan pastinya mudah membuat anak mengantuk di siang hari, apalagi jika ia ikut bangun saat sahur.

  1. PUJI KEBERHASILANNYA

Baraya  Tidak perlu selalu menghadiahinya dengan barang, cukup dengan pujian yang tulus. Ini akan membuatnya bersemangat untuk menjalani tantangan puasa esok harinya.

Nah itu beberapa cara yang bisa Baraya terapkan untuk mengajari si kecil melakukan puasa untuk pertama kalinya. Ingat ya namanya anak-anak jangan terlalu dipaksa ya yang penting dia kuat untuk menjalani puasa.