Pesta Rakyat De Syukron 2014 “Jabar Kahiji Jabar Bestari”
Sep201422

Pesta Rakyat ‘De Syukron’ dapat dijadikan moment dimana pemerintah dan masyarakat Jawa Barat dapat menampilkan unjuk kabisa dalam bentuk inovasi, kreativitas maupun inspirasi di bidang ekonomi, sosial seni dan budaya, serta menjadi ajang Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi lebih dekat dengan masyarakatnya serta dapat mensosialisasikan berbagai program dan keberhasilan pembangunan Jawa Barat.

Tema yang diambil adalah Jabar Kahiji Jabar Bestari, Menurut Kepala Biro Humas, Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat R. Ruddy Gandakusumah kepada Reporter Cakra menjelaskan, Jabar Kahiji adalah tekad bersama pemerintah, warga, dan seluruh stakeholder Jawa Barat dalam meraih Juara Umum PON XIX/2016 melalui catur sukses; sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses pemberdayaan ekonomi rakyat. Kalau Jabar Bestari adalah tekad bersama dalam melestarikan lingkungan, khususnya Gerakan Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah dan Lestari). Sebagai pengingat akan tekad besar ini, Jabar Kahiji, Jabar Bestari dijadikan tema pada Puncak Perayaan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat Pesta Rakyat De Syukron 2014.

Selain Bazaar dan pertunjukan seni, pada waktu dan tempat yang sama juga digelar Pasanggiri Seni Musik, Tari, dan Teater Se-Jawa Barat. Pada Acara Puncak Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-69 yang bertajuk Pesta Rakyat ‘De Syukron’ 2014, Pemprov akan menyajikan banyak hal yang baru dari perayaan-perayaan tahun sebelumnya, diantaranya dua hari pelaksanaan pameran dan hiburan untuk rakyat, yang akan digelar di Pelataran Gedung Sate dan Gasibu Bandung, pada Jumat-Sabtu, 19-20 September 2014 dimulai dari pukul 08.00- 21.00 WIB.

Acara pembukaan, pada hari pertama Jumat, 19 September 2014. sekaligus Soft Launching monorel, kolaborasi video mapping dan lampu LED Phillips, pagelaran wayang golek Astrajingga Gugat oleh Dalang Riswan, pengumuman dan penyerahan hadiah Lomba Foto Pemprov Jabar 2014, Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah Lomba Video Feature Pariwisata Jawa Barat Antar SMA/SMK Se-Jabar, selain itu akan ada Pentas Seni dan Hiburan. oleh She, Dygita, Cafein, Candil, Kuburan dan Tendostar) dan yang paling keren adalah Pelepasan Semarak  1001 Lampion malamnya. Hari Kedua Sabtu, 20 September 2014, ada pameran produk unggulan dan unik dari Jawa Barat. Lomba Kreasi (Drapping) berbahan dasar kain sarung. Karnaval Jabar Ngagaya “Gandrung Kasarung 2” dan akhirnya acara Penutupan,dengan Pesta Kembang Api, Laser dan Video Mapping  Jabar Kahiji Jabar Bestari.

Bapak Ruddy Gandakusumah menjelaskan kepada Reporter Cakra harapan dalam Pesta Rakyat ‘De Syukron’ 2014 ini adalah  dapat menjadi ajang Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi lebih dekat dengan masyarakatnya serta untuk mensosialisasikan  berbagai program dan keberhasilan pembangunan Jawa Barat.