May201716

Suka kesel yah kalau di rumah tiba-tiba tercium bau tak sedap padahal setiap hari selalu di bersihkan. Sekarang Baraya tidak perlu merasa kesal lagi rumah diliputi bau tak sedap karena ada beberapa resep praktis membuat pengharum ruangan di rumah tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan pasti dijamin aman…..

Tak perlu ke luar negeri untuk menikmati sensasi musim semi. Dengan lemon + vanili, aroma musim semi bisa Baraya hadirkan sendiri di rumah.

PENGHARUM RUANGAN LEMON DAN VANILLI

Sekilas kalau dilihat mungkin Baraya akan berpikir itu adalah infused water atau lemon squash. Tapi ini sebenarnya adalah pengharum ruangan yang memberi aroma musim semi di rumahmu. Untuk membuatnya sangat mudah, Baraya  hanya membutuhkan 2 buah lemon segar, 2 batang rosemary dan 1 sendok teh vanili. Caranya, potong lemon dengan ketebalan 0,5 cm, masukkan semua bahan ke dalam panci berisi 2 liter air, lalu panaskan. Didihkan dan jika sudah wangi, matikan kompor dan simpan dalam botol madu bekas yang telah dibersihkan.

Karena di Indonesia tak ada musim semi, Baraya  tak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri untuk sekadar merasakan musim semi. Cukup dengan membuat pengharum ruangan ini dan sensasi musim semi pun bisa Baraya  rasakan di rumah sendiri sambil bersantai menenangkan diri. Terlebih Baraya  akan merasakan aroma yang bergantian semerbak di ruangan lemon yang segar, berganti rosemary yang khas, dan vanili yang menenangkan. Kombinasi yang sempurna untuk menahanmu bersantai di rumah.

Baraya bisa menciptakan wangi ruangan yang segar dengan Spray aroma citrus yang semerbak

PENGHARUM RUANGAN SPRAY

Selain membuat pengharum ruangan dalam wadah, Baraya  juga bisa membuat pengharum ruangan spray alias semprot. Susah? Nggak kok. Yang Baraya  butuhkan hanyalah:

  • 1 Lemon
  • 1 Jeruk nipis
  • 1 Jeruk (citrus)
  • Alkohol (takarannya disesuaikan sendiri)
  • Air
  • Botol spray/ parfum kosong
  • Jar atau wadah yang bertutup

Cara membuatnya:

  1. Iris lemon, jeruk nipis, jeruk secara melintang (jangan terlalu tebal)
  2. Tuangkan cukup alkohol dalam jar atau wadah yang bertutup dengan semua jeruk, tutup rapat dan biarkan setidaknya semalam.
  3. Tips: semakin lama Baraya  merendamnya, maka semakin kuat aromanya.

Saring irisan jeruk dan tuangkan air endapan ke dalam botol parfum. Tips: Baraya  bisa menambahkan larutan alkohol lagi setengah dan larutan air setengah. Tapi, jika Baraya  ingin non-alkohol, tak perlu menambahkan alkohol lagi ke botol, cukup air saja.

Fruit rind air freshener pengharum ekonomis dengan kualitas jempolan….

Fruit rind air freshener

Nah, ini jenis pengharum ruangannya cukup unik. Baraya bisa menggunakan kulit buah untuk membuat aroma yang segar di kamar atau rumah. Bahannya adalah:

  • Garam laut
  • Buah jeruk segar (jeruk, lemon atau jeruk nipis)
  • Rempah segar (kemangi, mint atau cengkeh)
  • Pisau
  • Sendok

Karena bahannya sederhana, cara membuatnya pun sangat mudah:

  1. Pertama, belah buah menjadi dua. Tipsdisarankan buat  Baraya,  menggunakan buah jeruk, karena aromanya yang kuat dan segar. Tapi jika Baraya  ingin mencoba dengan buah lain juga tak masalah.
  2. Hilangkan daging buah dari kulit dengan menggunakan pisau atau sendok, kemudian isi setengah dengan garam laut. Info: garam laut memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bau jeruk demi menghilangkan bau-bau yang tidak sedap.
  3. Terakhir, Baraya bisa meletakkan kombinasi buah dan rempah segar. misalnya, kemangi di jeruk, mint di jeruk nipis, dan cengkeh di lemon. Kombinasi aromanya yang saling melengkapi sungguh menyenangkan untuk dinikmati.

Oh iya, untuk daging buah yang tidak terpakai, Baraya bisa menjadikannya minuman dengan memerasnya. Dengan begini, semua bagian dari buah jeruk ini bisa terpakai dengan efisien.

Bersiaplah menghirup aroma manis yang khas dari beeswax. Cara membuatnya juga gampang loh Baraya….

beeswax

Pengharum ruangan dengan lilin tak berbeda dengan yang sering kita sebut lilin aroma terapi. Mendengarnya saja mungkin sudah membayangkan betapa sulitnya membuat lilin ini, tapi tenang ternyata membuat lilin aromaterapi tidak sesulit yang di bayangkan loh agar tak boros uang untuk membeli selagi Baraya  bisa membuatnya sendiri. Pastikan sudah menyiapkan ini:

  • Stoples kaca (gunakan jar yang melebar dan bertutup. Tapi jika terpaksa tidak ada, Baraya bisa menggunakan jenis yang lain)
  • Lilin lebah/beeswax (lilin yang digunakan ini berbentuk seperti butiran beras yang berwarna kuning pucat. Kalau kamu tak bisa mendapatkan yang berbentuk butir, bisa menggunakan yang balok tapi harus dipotong dulu)
  • Sumbu
  • Loyang
  • Oven

Nah, sekarang perhatikan baik-baik cara membuatnya:

  1. Tempatkan sumbu dalam stoples dan isi dengan lilin lebah. isi dengan rata dan seimbang tak perlu sampai penuh
  2. Panaskan oven sampai 200 derajat. tempatkan stoples-stoples berisi lilin di atas loyang dan masukkan ke oven. di satu loyang, Baraya bisa memasukkan sekitar 9 stoples sekaligus.
  3. Tunggu sekitar 45 menit hingga 1 jam sampai lilin mencair. keluarkan lalu diamkan dalam suhu ruangan
  4. Sumbu harus dalam posisi tegak, kamu bisa menggunakan pensil untuk membantu membuatnya tegas. Tunggu sampai mengeras.

Sebaiknya jangan langsung menghidupkan lilin ini. Tunggulah sampai panasnya benar-benar mereda dan lilin kering seutuhnya, kira-kira satu hari. Setelah itu, Baraya bisa menggunakannya dan bersiaplah untuk aroma yang membuatmu tak ingin beranjak dari rumah.

Selain sebagai minuman ternyata Kopi juga bisa digunakan sebagai aroma terapi, Baraya juga bisa membuat lilin dari kopi

membuat-pengharum-ruangan-kopi-731066

Kopi biasanya dinikmati dengan diseduh. Selain rasanya yang mantap, kopi juga memang terkenal dengan aromanya yang menenangkan. Cara tradisional yang biasa dilakukan untuk menikmati aromanya sebagai pengharum adalah menggunakan roasted coffee bean yang diletakkan di piring kecil, lalu ditempatkan di meja kamar. Tapi, pengharum ruangan kali ini bisa membantumu membuat lilin beraroma kopi. Bagaimana caranya?

 Siapkan perlengkapannya ya:

  • Cat semprot bertekstur batu
  • Kaca gelas / vas
  • Wax atau lilin
  • Biji kopi (agar lebih sederhana Baraya bisa menggunakan kopi bubuk. Takarannya sesuai selera, jika gelas kacamu berukuran besar maka kopinya pun harus banyak)
  • Sumbu
  • Cawan

cara membuatnya:

  1. Mulailah dengan menyemprot wadah kaca/ vas dengan cat semprot dengan merata. Alasi dengan koran agar cat tak sampai menyentuh benda lain
  2. Kemudian masukan potongan lilin dalam cawan dan lelehkan lilin dalam microwave kira-kira 30 detik.
  3. Jika Baraya menggunakan biji kopi, maka Baraya harus menggilingnya terlebih dahulu.
  4. Letakkan sumbu dan ambil sedikit lilin yang telah meleleh, tuangkan ke wadah kaca/vas. Jika sudah kering, taburkan bubuk kopi di atasnya. Lakukan secara bergantian sampai hampir penuh.

Diamkan 1-2 jam sampai benar-benar solid dan lilin kopi pun siap dinyalakan dan dinikmati. Lilin ini bisa digunakan untuk Baraya  yang tak suka minum kopi tapi suka aroma kopi yang tenang.

Tenyata selain kopi teh juga bisa dibikin aroma terapi yakni tea-scented candle.

harumcnt

Selain kopi, teh juga bisa digunakan untuk pengharum ruangan. Aroma teh juga bisa membuatmu tidur lebih rileks dan nyenyak. Jadi, tak ada salahnya ‘kan mencoba membuatnya. Yuk! ini bahannya:

  • Teh celup (Baraya bisa memilih melati, pappermint, atau jahe)
  • Pilihan: Baraya juga bisa mencampurkan ekstrak rasa, seperti jeruk, bergamot, dll)
  • Lilin kedelai (jika tidak ada, kamu bisa menggunakan wax biasa)
  • Cangkir
  • Sumbu
  • Pangkalan logam
  • Minyak zaitun/ minyak kelapa

Caranya:

  1. Tuangkan sekitar 100 ml minyak ke dalam dan panaskan. Masukkan teh celup dan sedikit minyak sampai kantong teh membuka.
  2. Isi panci dengan dua cangkir penuh lilin dan lelehkan pada panas rendah sampai itu cair. Tuangkan ekstrak rasa (jika menggunakan) dan aduk rata.
  3. Kaitkan sumbu dengan pangkal logam. Masukkan, logam akan membantu sumbumu tetap tegak.
  4. Tuangkan lilin cair ke cangkir secara perlahan

Mudah ‘kan? lebih baik diletakkan di kamar agar Baraya  bisa merasa lebih tenang dengan aroma teh, atau jika ingin meletakkannya di tempat lain juga tak masalah.

Ternyata sampah daur ulang ini bisa menjadi pengharum ruangan yang menyegarkan

PENGHARUM GARBAGE DISPOSAL

Banyak orang mengira ini adalah jelly atau es buah. Sebenarnya, ini adalah pengharum ruangan. Teknik yang digunakan kali ini disebut garbage disposal. Membuatnya memang dengan cara didinginkan, tapi hasilnya bukan untuk diminum ya. Penasaran cara membuatnya? Bahan yang dibutuhkan:

  • Cuka putih
  • Kulit jeruk
  • Loyang muffin atau nampan es batu

Caranya mudah:

Letakkan beberapa kulit jeruk di loyang muffin atau nampan es batu. Lalu, isi dengan cuka. Bekukan sampai padat. Untuk mengeluarkannya dari loyang, Baraya bisa menggunakan pengoles mentega atau pisau dan mengeluarkan pengharum ini pelan-pelan.

Punya bunga kering sisa acara pernikahan ?? dibikin Potpourri aja yuk bray, aromanya tak kalah dengan bunga segar di pasaran loh !!!!

poutpourri

Potpourri adalah cara yang unik untuk menciptakan pengharum ruangan. Jika biasanya ruangan akan wangi jika dihiasi dengan bunga segar, potpourri justru menggunakan bunga kering. Bahkan jika Baraya  tak mendapatkan bunga kering, kamu harus bersedia mengorbankan bunga segar untuk dikeringkan. Tapi percayalah, aroma yang dia hasilkan tak kalah dari bunga segar yang sedang mekar. Untuk memulainya, siapkan dulu beberapa pernik ini:

  • Bunga kering (mawar, melati, lavender, dll.)
  • Minyak esensial (minyak lavender, dll.)
  • Rempah-rempah atau pernak-pernik lainnya (cengkeh dan batu-batu kecil untuk dekorasi)
  • Stoples

Caranya:

  1. Sebelum merangkainya, jika Baraya menggunakan bunga segar, maka harus dikeringkan terlebih dahulu. Baraya bisa menggantungnya secara terbalik dan diamkan beberapa minggu sampai sepenuhnya mengering.
  2. Setelah bunga kering, tempatkan dalam sebuah wadah dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Tutup wadah dan biarkan bunga untuk menyerap minyak selama beberapa minggu.
  3. Setelah siap, kamu bisa mulai menghias bunga-bunga dengan berbagai pernik yang Baraya suka.

selain bisa untuk pengharum rumah sendiri Baraya juga bisa menghias stroplesnya dengan pita dan dijadikan kado ulang tahun untuk sahabat tercinta.

Gel Air Freshener, keliatannya sih susah tapi ternyata hanya butuh 2 tahap Baraya pun bisa menikmatinya dengan aroma yang disukai

Gel-Air-Fresheners-1

Meski banyak anggapan membuat pengharum gel itu sulit, tapi sebenarnya tidak juga kok. Justru tantangan ini yang wajib Baraya coba. Yuk siapkan bahannya!

  • 1 ons butiran atau bubuk gelatin
  • 2 cangkir air dingin
  • 20-30 tetes minyak esensial (pilih aroma yang kamu suka)
  • 1 sendok makan garam
  • (Opsional) pewarna
  • Sumpit sekali pakai atau tusuk untuk digunakan sebagai aduk tongkat

Mari mulai membuatnya:

  1. Tuangkan satu cangkir air mendidih dalam panci kecil. Taburkan gelatin di atas air mendidih dan aduk sampai halus dan semua gelatin larut. Tambahkan garam dan cangkir kedua air dingin dan aduk rata. Sisihkan.
  2. Tambahkan tetesan minyak esensial dan pewarna. Aduk sampai warna merata.
  3. Biarkan dingin dalam suhu ruangan. Siap dinyalakan.

Gampang ‘kan? Ternyata tak susah, Baraya  hanya butuh kesabaran dan ketelatenan. Lilin gel ini akan bertahan kira-kira 4 minggu.

Nah itu dia beberapa resep pembuatan pengharum ruangan yang bisa Baraya bikin di rumah, selain bisa digunakan secara pribadi siapa tau ide ini bisa menjadi ladang baru dalam bisnis nih Bray…:D

Selamat mencoba dan semoga sukses

May201708

NJtyl6aedO

Memilih pendamping hidup bagi semua orang adalah hal yang sangat penting, bahkan sama pentingnya seperti mencari sebuah pekerjaan. Tetapi jaman sekarang untuk mendapatkan pendamping hidup yang ideal itu bukanlah sesuatu yang mudah selain harus seiman seagama,pendamping hidup juga haruslah seseorang yang mampu menerima segala kekurangan. Khusus untuk Baraya yang merasa lelaki, konon wanita tanpa make up adalah pendamping hidup ideal. Namun bukan berarti wanita bermake up itu salah, bahkan make up bisa semakin menonjolkan kecantikan dari seorang wanita. Namun jangan salah wanita yang berani menunjukkan wajah polos konon lebih sexy dan inilah beberapa alasan mengapa wanita tanpa make up adalah pendamping ideal…

Wanita tanpa make up berani menunjukkan muka polos berarti dia orang yang percaya diri

Jika seorang wanita mampu menunjukan wajahnya tanpa make up didepan banyak orang itu tandanya dia adalah orang yang percaya pada dirinya sendiri. Selain itu kepercayaan diri dari seorang wanita itu akan menjadi nilai plus dimata pria.

Wanita tanpa make up menunjukkan bahwa dia adalah seseorang yang ramah

Konon wajah polos itu menunjukan bahwa ia adalah wanita yangramah dan rendah hati. Jika Baraya ingin mencurahkan isi hati maka wanita ini sangat cocok untuk jadi pendengar setia. Karena wanita ini sangat terbuka yang nantinya akan banyak memberikan Baraya berbagai solusi.

Wanita tanpa make up berarti tidak pernah menutupi apapun dari dalam dirinya.

Meskipun wajahnya berjerawat atau hitam sekalipun wanita ini tidak mau repot repot untuk menutupi wajahnya karena bagi wanita ini kecantikan dan ketulusan itu datangnya dari hati bukan dari wajah.

Wanita tanpa make up suka petualangan

Jika baraya suka berpetualang maka wanita polos inilah bisa menjadi teman setiamu dalam berpetualang. Dia juga tidak akan ribet dengan make up nya meskipun sedang naik gunung selama 4 hari. Bagi wanita ini cuci muka sudah cukup membuat wajah lebih fresh.

Tidak sombong adalah sifat khas wanita tanpa make up

Wanita dengan wajah polos cenderung lebih ramah dan rendah hati, bahkan wanita seperti ini tidak segan untuk mengawali percakapan lebih dulu.

Memiliki kepribadian yang bersinar

Wanita dengan wajah polos tanpa make up percaya bahwa dengan kepribadian dan integritasnya dia bisa menarik perhatian dengan caranya sendiri. Wanita seperti ini sudah dipastikan memiliki pribadi yang baik.

Wanita tanpa make up bisa menjaga kesehatan

Secara tidak langsung, wanita yang tidak memakai make up itu sadar bahwa terlalu sering kulit wajah terpapar make up bisa berbahaya dan merusak kulit wajah.

Banyak kejutan

Baraya tidak akan tahu bahwa wanita tanpa make up jika diberi make up maka akan dikejutkan dengan penampilannya, dan yang pasti akan membuat Baraya terpesona.

Nah itu dia beberapa point yang membuat wanita tanpa make up memiliki nilai plus dan bisa menjadi pendamping hidup ideal. Karena sesungguhnya kecantikan yang sebenarnya berasal dari hati oleh karena itu bagi para wanita untuk bersikap apa adanya saja dan percaya diri.

Apr201727

7-makhluk-mitos-yang-hanya-ada-di-indonesia

Indonesia terkenal akan banyaknya beragam budaya dan adat istiadatnya, maka tidak heran kalau Baraya pasti pernah atau bahkan sering mendengar kisah-kisah legenda dan mitos yang masih di percaya sampai saat ini. bahkan di setiap daerah di indonesia memiliki kisah legenda dan mitos yang unik. Banyak yang percaya bahwa mahluk-mahluk yang dikisahkan dalam mitos itu nyata dan bahkan tidak sedikit yang merasa takut akan kehadiran sosok ini. berikut ini beberapa mahluk mitos yang terkenal di indonesia…..

  • DARI FLORES ADA MAKHLUK BERNAMA EBU GOGO. SOSOK MANUSIA BERBULU YANG   MEMILIKI UKURAN NGGAK LEBIH DARI SATU METER.

Makhluk mitologi yang satu ini dipercaya hidup di pulau Flores. Menurut bahasanya, Ebu berarti nenek dan Gogo berarti pemakan segala. Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan kenapa makhluk yang digambarkan memiliki tinggi yang nggak lebih dari satu meter dengan tubuh yang ditutupi bulu ini disebut Ebu Gogo. Menurut masyarakat Flores, makhluk kecil ini memiliki sifat jahat dan rakus. Ia bahkan kerap bisa menyantap bayi manusia dengan lahapnya. Nggak heran kalau dinamakan “nenek pemakan segala”.

  • BARAYA YANG DARI JAWA BARAT PASTI KENAL SAMA AHOOL. LAPORAN PERTAMA  SOAL AHOOL MUNCUL PADA 1925, LOH

Pertama kali muncul dalam laporan Dr. Ernest Bertels – seorang ahli ilmu burung – pada 1925, Ahool digambarkan sebagai sosok yang memiliki bentuk seperti kelelawar. Memiliki sayap yang membentang sepanjang 12 kaki, makhluk yang satu ini jelas ditakuti. Oleh masyarakat sekitar, Ahool diperkirakan hidup di sekitar lereng pegunungan Salak. Sebuah tempat yang memang masih jarang dijelajahi mendalam oleh manusia. Oh iya, makhluk mitologi ini disebut Ahool karena suaranya. Saat hendak muncul, ia selalu mengeluarkan suara “ahooooooool” yang memekakkan telinga.

  • WARAK NGENDOG ADALAH MAKHLUK MITOLOGI GABUNGAN 3 BUDAYA. ADA BUDAYA     ARAB, CINA DAN JAWA DALAM TUBUHNYA

Mitos soal Warak Ngendog ini erat kaitannya dengan kota Semarang. Ia dinilai sebagai simbol pemersatu kerukunan warga Semarang, bahkan sejak sebelum kota Semarang didirikan. Ia digambarkan sebagai seekor naga kecil yang membawa telur. Namun tak sembarang naga, bentuk dari Warak Ngendog ini sejatinya adalah perpaduan 3 budaya. Kepalanya adalah Naga dari etnis Cina, badannya digambarkan mirip Buraq sesuai denganbudaya Arab, dan keempat kakinya adalah milik Kambing, khas kebudayaan Jawa.

  • BARAYA PASTI KENAL DENGAN GARUDA, MAKHLUK MITOLOGI INI SAMPAI JADI SIMBOL NEGARA KITA

Makhluk mitologi yang satu ini sudah pasti dikenal oleh hampir seluruh rakyat Indonesia. Namun, sedikit berbeda dengan Garuda Pancasila yang kita kenal, Garuda makhluk mitologi ini sebenarnya adalah kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran Hindu. Berkepala layaknya burung elang, berbadan manusia, tubuhnya berwarna emas, wajahnya berwarna putih dan sayapnya berwarna merah. Garuda digambarkan gagah dan perkasa. Ukuran tubuhnya pun tak main-main. Ia digambar memiliki tubuh yang sangat besar. Saking besarnya, ia bahkan bisa menghalangi matahari!

  • ORANG BATI MENJADI MAKHLUK MITOLOGI YANG DITAKUTI DI PULAU SERAM. IA SUKA MENCULIK ANAK KECIL UNTUK DIMAKAN

Orang Bati dikatakan memiliki bentuk tubuh seperti kera, namun bersayap seperti kelelawar. Makhluk ini juga digambarkan memiliki tinggi 1,6 meter dengan warna tubuh merah menyala. Menurut penuturan masyrakat pulau Seram, Orang Bati tinggal di wilayah Gunung Kairatu. Ia hanya keluar pada malam hari guna mencari anak kecil untuk makanannya.

  • LEMBUSWANA ADALAH HEWAN SUCI YANG JADI MITOS MITOS DI KUTAI KARTANEGARA. IA JUGA SEMPAT JADI SIMBOL KERAJAAN DI KUTAI SANA

Hewan yang satu ini adalah makhluk mitologi kebanggaan warga Kutai. Makhluk bernama Lembuswana ini digambarkan memiliki kepala singa, besayap elang, berbelalai gajah, dan bersisik ikan. Ia adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal di dasar sungai sebagai pelindung Kutai. Lembuswana ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Kutai. Saking terkenalnya, ia sampai dijadikan simbol bagi Kerajaan Kutai. Bahkan sampai sekarang, Lembuswana telah diabadikan menjadi sebuah patung yang berdiri gagah sebagai pelindung masyarakat Kutai.

  • WARGA SEKITAR KERINCI PUNYA MAKHLUK MITOLOGI BERNAMA CINDAKU, BENTUKNYA SEPERTI MANUSIA HARIMAU!

Bagi masyarakat sekitar Kerinci, Cindaku adalah makhluk mitologi yang sangat erat dalam kebudayaan mereka. Cindaku sendiri adalah sosok seorang manusia yang memiliki ilmu yang tinggi. Saking saktinya, ia mampu berubah jadi manusia harimau yang bertugas menjaga keharmonisan antara Harimau dan Manusia. Tak sembarang orang bisa menjadi Cindaku. Hanya mereka yang memiliki darah murni dan ikatan spiritual yang kuat saja yang bisa. Maklum, masyarakat Kerinci mempercayai bahwa nenek moyang mereka adalah harimau. Jelas saja ikatan di antara mereka dan harimau sangat kuat.

  • LEAK SUDAH PASTI AKRAB DI TELINGA. MAKHLUK MITOLOGI ASAL BALI INI MEMANG  POPULER DI INDONESIA

Bagi masyarakat Bali, nama Leak pasti sudah akrab di telinga. Makhluk mitologi yang satu ini kerap muncul dalam kisah-kisah di masyarakat Bali dan digambarkan sebagai penguasa roh-roh jahat. Menurut masyarakat Bali, Leak adalah seorang manusia yang mempraktekkan ilmu hitam. Di saat matahari masih nampak, ia hanya seorang manusia biasa. Namun ketika malam telah tiba, kepala dan isi tubuhnya memisahkan diri dari tubuhnya guna mencari bayi untuk dimangsa.

  • ADA PULA MITOS SOAL BANASPATI, MAKHLUK MITOLOGI BERBENTUK BOLA API YANG SERING MUNCUL DI TEMPAT GELAP

Makhluk mitologi ini merupakan salah satu makhluk jahat yang ditakuti di masyarakat Jawa. Sosok Banaspati ini merupakan makhluk berbentuk bola api yang sering melayang di malam hari. Ia ditakuti karena berbeda dengan makhluk lain, Banaspati ini bisa menyakiti manusia. Kamu yang warga Jawa sering menyebutnya sebagai sosok hantu yang mengganggu ketentraman warga.

  • INI ADALAH MAKHLUK YANG TAK KALAH POPULER DI INDONESIA. BABI NGEPET SERING DIKAITKAN DENGAN ILMU PESUGIHAN.

Nah, sosok makhluk mitologi yang satu ini sering dikait-kaitkan dengan ilmu pesugihan. Sosok Babi Ngepet sendiri sebenarnya adalah manusia biasa. Namun ia melakukan ritual ilmu hitam sehingga ia mampu mengubah bentuknya menjadi serupa Babi. Dikatakan bahwa jika ada Babi Ngepet berkeliaran di salah satu rumah warga, bisa dipastikan uang di rumah tersebut akan raib. Yang jadi medianya adalah sebuah lilin yang musti dijaga nyala apinya. Jika apinya padam, artinya sosok Babi Ngepet tersebut ilmunya hilang dan ia akan kembali berubah menjadi wujud manusia.

Nah itu dia beberapa mahluk mitos yang menjadi legenda di Indonesia, yang memang kisah menjadi terkenal di sekitar masyarakat. Nah kira-kira nih Baraya lebih kenalnya sama mahluk mitos yang mana nih ?

Apr201717

cara_shalat_kaos_kaki

Seperti yang Baraya ketahui, shalat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Shalat sendiri terdiri dari beberapa gerakan yang dilakukan mulai dari berdiri niat hingga duduk salam. Tahukah Baraya kalau ternyata sholat memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan fisik mental dan emosional dari seseorang loh. Apa saja sih manfaat dan keajaiban gerakan shalat ?

1. Takbiratul ihram; mulai dari niat hingga melipat tangan, melancarkan aliran darah meregangkan persendian

Gerakan ini dilakukan pada permulaan sholat, yaitu dengan berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.  Manfaat gerakan ini adalah untuk melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Selain itu, posisi tangan ketika didekap menyebabkan otot kedua tangan serta bahu akan berkontraksi, sehingga lebih kuat dan kencang.

2. Rukuk; gerakan ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf

Gerakan ini dilakukan dengan membungkukkan badan lurus ke arah depan, sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit. Saat gerakan rukuk dilakukan, otot di sekitar punggung hingga pantat akan mengalami kontraksi, hal inilah yang menjaga posisi dan fungsi tulang belakang. Sementara itu, aliran darah akan lebih maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasi bagi otot bahu hingga ke tumit. Selain itu, rukuk juga melatih kandung kemih untuk mencegah gangguan prostat.

3. I’tidal; postur yang kembali tegak menuju sujud ini melatih organ pencernaanmu, lho!

Gerakan i’tidal dilakukan dengan bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak lalu mengangkat kedua tangan setinggi telinga lantas menurunkan badan menuju sujud. Gerak variasi berdiri bungkuk-berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan Baraya  jadi lebih lancar.

4. Sujud; posisi kepala yang menempel di lantai ini mampu memaksimalkan fungsi otak manusia karena aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal

Sujud dilakukan dengan meletakkan bagian kepala ke alas lantai, hingga dahi dan ujung hidung menyentuh alas lantai. Sementara itu, jari-jari kaki dibengkokkan dan kedua telapak tangan juga menyentuh alas lantai. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah yang kaya akan oksigen mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang juga meredakan gejala sakit kepala. Gerakan sujud juga membuat otot dari leher hingga kaki akan bereaksi dan berkontraksi, sehingga akan lebih kuat dan kencang. Khusus perempuan, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

5. Duduk di antara dua sujud; mencegah nyeri di bagian kaki juga menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerakmu

Gerakan duduk ini sama halnya ketika Baraya duduk bertumpu pada bagian kaki bawah. Dalam shalat ada dua gerakan duduk, yakni tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya terletak ada posisi telapak kaki yang menumpu badan. Saat tahiyyat awal, duduk bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya nggak mampu berjalan. Sedangkan postur yang kedua yakni tahiyyat akhir, akan mencegah impotensi bagi cowok jika dilakukan dengan benar, sebab tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin dan saluran vas deferens. Sedangkan variasi posisi telapak kaki pada kedua postur ini menyebabkan seluruh otot tungkai meregang dan kemudian relaks kembali. Gerakan dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak.

6. Salam; merelaksasi otot sekitar leher dan kepala serta menyempurnakan aliran darah di kepala

Gerakan shalat yang terakhir dilakukan yaitu salam. Gerakan ini dilakukan dengan sederhana, yaitu hanya memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal, layaknya menengok. Gerakan ini akan melancarkan peredaran darah di kepala Baraya dan merelaksasi otot sekitar leher. Jika dilakukan dengan benar, bagian leher akan lebih terlatih dan kencang. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Baraya sekarang sudah tahu kan manfaat gerakan shalat bagi kesehatan tubuh. Ternyata tidak salah jika shalat adalah tiang agama karena selain membuat hati dan fikiran Baraya sehat dan bersih juga membuat fisik  menjadi lebih sehat. Yuk ah lakukan gerakan shalat dengan benar supaya kamu mendapatkan manfaatnya lahir dan batin. Semoga dengan mengetahui hal ini, ibadah Baraya semakin rajin, ya!

Apr201711

845x423-cara-aman-mengupas-bawang-merah-tanpa-menangis-1608050

Suka sedih sekaligus kesal kalau lagi ngupas bawang,  terus mata terasa perih dan iritasi. Alhasil mengupas bawang menjadi momen paling dramatis bagi para wanita karena ujung ujungnya menangis. Menurut Dr. Gerry Russel, seorang professor dalam bidang food biochemistry dari University of California mengatakan ada kandungan senyawa sulfur di dalam bawang merah yang mudah menguap menjadi gas saat dikupas. Jika terkena mata, bisa menimbulkan sensasi perih yang mengganggu. Nah ini ada beberapa trik jitu yang bisa Baraya terapkan supaya Baraya tidak  merasakan perih pada mata saat sedang mengupas bawang…..

  1. Menggigit Korek Api

Cara sederhana ini bisa dicoba buat menghindari mata menangis saat mengupas bawang merah. Cukup gigit batang korek api saat sedang mengupas bawang merah. Gigitan pada korek api tersebut bisa mencegah air mata supaya nggak mengalir.

  1. Pakai Pisau Tajam

Asah pisau sebelum mengiris bawang merah. Bilah yang tajam bisa membantu penguapan zat sulfur berkurang. Hal ini secara tidak langsung juga mengurangi efek perih di area mata.

  1. Kunyah Permen Karet

Sebelum mengupas atau mengiris bawang merah, kunyah dulu permen karet favorit. Cara ini juga ampuh mengurangi efek perih yang bisa dihasilkan waktu melakukan aktivitas tersebut. Otot wajah yang bergerak aktif terutama di area mata sangat baik untuk menangkal komponen yang bikin mata perih.

  1. Bawang Merah Yang Didinginkan

Kalau Baraya mau mengurangi rasa perih saat mengupas bawang merah, masukkan bahan tersebut di lemari es terlebih dahulu. Proses pendinginan yang terjadi bisa memperlambat reaksi kimia yang terjadi, sehingga mencegah mata terasa perih.

  1. Kupas Di Bawah Air Yang Mengalir

Trik lain yang bisa Baraya coba adalah mengupas bawang merah tepat di bawah air yang mengalir. Aliran tersebut bisa membantu menghilangkan gas yang menguap dari bawang putih. Kondisi mata pun tetap aman terkendali.

  1. Sempotkan Cuka

Ternyata Cuka bisa membantu mengurangi efek mata pedih saat mengupas bawang loh Baraya. Caranya mudah, semprotkan sedikit cuka di permukaan talenan. Zat yang satu ini bisa menghentikan reaksi sulfur yang ada di dalam bawang merah.

  1. Potong Bagian Atasnya

Memotong bagian atas bawang merah bisa mengurangi risiko menangis saat mengupas bawang. Sebelum mengupas kulitnya, potong dulu bagian atas bawang untuk mengurangi rasa perih yang mengganggu.

  1. Nyalakan Kipas Angin

Menyalakan kipas angin bisa membantu mengusir senyawa belerang yang menguap. Angin yang dihasilkan bisa membawa pergi gas tersebut sebelum masuk ke dalam mata.

  1. Biarkan Akar Bawang

Membiarkan bagian akar tetap utuh alias jangan dipotong bisa mencegah sensasi perih pada mata. Bagian ujung ini memiliki kadar senyawa belerang yang lebih besar. Jadi, biarkan saja bagian akarnya dan tak perlu diiris.

Kini tak perlu lagi mengalami drama saat mengupas bawang merah. Ritual masak jadi lebih menyenangkan, dan pastinya bikin  Baraya semakin senang memasak di rumah. Selamat mencoba ya….

sebelumnya1234...15berikutnyaHalaman 2 dari 5