Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan
Apr201528

Pasti baraya bingung deh, emang ada yah makanan yang nggak boleh dimakan bersamaan? Ternyata, menurut ahli, beberapa makanan yang selama ini kita konsumsi secara bersamaan ada juga yang bisa saling merusak kandungan nutrisi dalam setiap makanannya. Makanan apa aja yah kira-kira? Yuk disimak…

1. Susu kedelai dengan telur
Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

2. Susu dengan cokelat
Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila mereka dimakan bersamaan.

3. Susu dengan berbagai buah
Buah-buahan banyak mengandung asam sehingga tidak baik dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh.

4. Kedelai dengan bayam
Kedelai dan bayam yang dimakan bersamaan akan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan di perut.

5. Kedelai dengan bawang hijau
Apabila kebiasaan ini dilanjutkan dalam jangka waktu yang lama, maka tubuh akan kekurangan kalsium yang kemudian menyebabkan kejang, osteomalacia (menurunnya kadar mineral tulang), dan patah tulang.

6. Daging dengan buah semangka
Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya (panas). Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.

7. Daging dengan cuka
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daging merupakan makanan “panas”, sedangkan cuka adalah “hangat”. Apabila kedua makanan ini dimakan saat bersamaan, mereka dapat meng-over-aktifkan energi dan sirkulasi. makan kambing dan cuka pada saat yang bersamaan akan merugikan jantung.

8. Udang dan vitamin C
Resiko serius akan dialami seseorang yang memakan udang bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C (misalnya saja es jeruk). Pada dasarnya akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang sangat beracun. Hal ini dapat mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang tersebut meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah. Maka dari itu, jangan mengkonsumsi makanan minuman yang mengandung vitamin C secara bersamaan dengan menu udang.

9. Wortel dengan lobak putih
Lobak putih mengandung vitamin C dan kandungan di wortel dapat merusaknya apabila dikonsumsi bersamaan. Oleh karena itu, makanlah kedua jenis sayuran tersebut secara terpisah untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

10. Yoghurt dengan daging
Yoghurt yang dikonsumsi bersamaan dengan daging (biasanya dalam sandwich) dapat menyebabkan kanker.