Kegemukan? Oh noooooo!
Apr201513

Baraya harus tau nih lima faktor yang dapat memicu kegemukan. Yuk dibaca yuk!

1. Minum soda
Soda merupakan daftar minuman yang harus dihapus atau dibatasi dalam keseharian Baraya. Pasalnya, soda memiliki kadar gula yang bisa mempengaruhi metabolisme secara negatif. Kondisi ini kerap memicu obesitas. Mengurangi asupan soda merupakan langkah yang baik untuk mencegah kegemukan, mengurangi perut kembung, dan membuang toksin tubuh.

2. Begadang
Mengurangi jam tidur bisa meningkatkan risiko kegemukan lho. Saat kurang tidur, hormon stres atau yang disebut dengan kortisol, meningkat. Terlalu banyak kortisol dapat meningkatkan berat badan dan menghasilkan kegemukan yang menetap, khususnya di bagian tengah tubuh. Tak hanya berdampak pada kegemukan, peningkatan kortisol secara kronis juga menyebabkan gangguan fungsi kekebalan tubuh yang dikaitkan dengan berbagai macam penyakit.

3. Terlambat makan
Hindari melewatkan waktu makan. Selain memperlambat metabolisme tubuh, terlambat makan akan mendorong Baraya untuk makan lebih banyak. Demi menjaga berat badan, Baraya dianjurkan mengemil sehat setiap 2-3 jam. Pilihlah buah-buahan segar sebagai kudapan. Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih karena lemak sulit dicerna tubuh.

4. Mengonsumsi makanan olahan
Makanan olahan mengandung produk pengawet yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering. Makanan olahan juga memiliki waktu masak yang relatif cepat, yang pada akhirnya berpengaruh pada proses metabolisme tubuh saat makanan tersebut dikonsumsi.

5. Jarang minum
Air berperan penting untuk memperlancar metabolisme tubuh. Tanpa air, kita akan dehidrasi dan lemas. Agar metabolisme lancar, pastikan asupan air sehari-hari Baraya cukup, yakni sekitar 8-10 gelas per hari. Minum banyak air juga mampu menghindari makan berlebih saat Baraya merasa sangat lapar.

Ketahui kelimanya biar Baraya tetap bisa menjaga berat badan proporsional.:)