Mar201714

ilmuwan-yakinkan-susu-kecoa-baik-untuk-kesehatan-manusia-71GNkh5Q4H

 

Kecoa, hewan ini dianggap menjijikan karena tempat tinggalnya yang kotor dan mampu mengundang beragam virus penyakit. Tidak sedikit bahkan merasa jijik dan kesal jika harus berurusan dengan kecoa. Tapi faktanya nih Baraya kalau ternyata kecoa ini sangat kaya manfaat bagi kesehatan loh, dikutip dari Brillio.net, Beberapa waktu lalu ilmuwan dari Institute for Cell Biology and Regenerative Medicine (inStem) dari Bengaluru, India sudah menerangkan bahwa protein susu kecoa sangat baik buat tubuh kita. Meski bukan susu kecoak yang sering kita lihat melainkan kecoa Pacific Beetle Cockroach yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Bahkan susu yang dihasilkan dari kecoa ini ternyata 3 kali berkhasiat lebih sehat dibandingkan dengan susu sapi loh Baraya. Fakta lain dari susu kecoa ternyata nih Baraya mengandung protein kristal yang sangat tinggi. Penemuan ini pun dinilai bisa menjadi solusi mengatasi masalah pangan di dunia di masa depan. Bahkan Susu kecoak bisa dijadikan suplemen yang kaya protein. Jika Baraya membutuhkan makanan yang berkalori tinggi, susu kecoak adalah makanan yang lengkap. Susu ini sangat stabil dan dapat menjadi suplemen protein yang fantastis.

Tapi tidak semua kecoak memiliki kandungan tersebut. Hanya kecoak jenis diploptera punctate belang yang bisa memproduksi zat protein kristal. Kecoak jenis ini juga berbeda dibanding kecoak yang sering Baraya  jumpai karena Kecoak jenis ini tidak bertelur tetapi melahirkan. Saat mengandung anak-anaknya diketahui kecoak jenis ini bisa memompa susu yang mengandung kristal protein untuk memberi makan bayinya.

Selain itu fakta unik lainnya kecoak juga bisa menghasilkan senyawa bersifat toksik yang diklaim mampu membunuh 90 % bakteri super seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan Escherichia coli. Keduanya merupakan ancaman bagi kesehatan karena kemampuan mutasinya membuatnya kebal terhadap anti biotik. Senyawa ampuh tersebut tidak punya efek terhadap manusia. Meskipun kecoa adalah mahluk hidup yang tinggal di tempat kotor, tapi hewan ini termasuk hewan yang higienis karena rajin membersihkan diri. Yang perlu Baraya waspadai adalah urin dan kotorannya yang bisa bikin kulit gatal sampai serangan asma.