Jul201916

images-2

Indonesia terkenal dengan banyak kuliner khasnya, terlebih sate. Perpaduan antara daging yang dibakar dengan bumbu khas dan sambalnya yang melekat, menciptakan rasa yang membuat sate berbeda dengan kuliner Indonesia lainnya. Kenapa sate?

  • CIRI KHAS SATE

Makanan yang diolah dari daging (umumnya daging sapi, kambing, dan ayam) ini, dikemas dengan disajikan pertusuk, kemudian dilumuri oleh bumbu kacang yang khas penuh dengan rempah-rempah. Awal mulanya, sate dikenal di abad ke-19 di Pulau Jawa. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat Indonesia yang berinovasi membuat sate dari daging lainnya, seperti daging kelinci, cumi-cumi, ular, atau babi.

  • SATE KUDA

Uniknya, ada juga masyarakat Indonesia yang menggunakan daging hewan lainnya yang tidak lazim untuk dimakan, seperti daging kura-kura dan daging kuda. Hal inilah yang disukai para wisata mancanegara untuk mencicipi sate-sate tersebut, terlebih disetiap daerah di Indonesia, memiliki cara pengolahan satenya masing-masing, yang nantinya menciptakan berbagai macam rasa disetiap daerahnya. Dan sate yang menjadi incaran para bule adalah Sate Priaman dari Sumatera Barat dengan rasanya yang peda, dan Sate Lilit dari Bali.

  • MANFAAT DAGING KUDA

Walaupun daging yang digunakan untuk sate ini tidak umum, dan tidak semua daerah menggunakan daging kuda sebagai bahan utama, tapi daging kuda memiliki banyak manfaat. Masyarakat Indonesia mengonsumsi daging kuda karena dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah pegal linu, rematik, asma, batuk-batuk, gatal-gatal, ayan, dan stress, serta yang paling menarik adalah meningkatkan vitalitas seksual bagi pria.

#IngatRadioIngatCakra

#GeberBray!