Apr201711

845x423-cara-aman-mengupas-bawang-merah-tanpa-menangis-1608050

Suka sedih sekaligus kesal kalau lagi ngupas bawang,  terus mata terasa perih dan iritasi. Alhasil mengupas bawang menjadi momen paling dramatis bagi para wanita karena ujung ujungnya menangis. Menurut Dr. Gerry Russel, seorang professor dalam bidang food biochemistry dari University of California mengatakan ada kandungan senyawa sulfur di dalam bawang merah yang mudah menguap menjadi gas saat dikupas. Jika terkena mata, bisa menimbulkan sensasi perih yang mengganggu. Nah ini ada beberapa trik jitu yang bisa Baraya terapkan supaya Baraya tidak  merasakan perih pada mata saat sedang mengupas bawang…..

  1. Menggigit Korek Api

Cara sederhana ini bisa dicoba buat menghindari mata menangis saat mengupas bawang merah. Cukup gigit batang korek api saat sedang mengupas bawang merah. Gigitan pada korek api tersebut bisa mencegah air mata supaya nggak mengalir.

  1. Pakai Pisau Tajam

Asah pisau sebelum mengiris bawang merah. Bilah yang tajam bisa membantu penguapan zat sulfur berkurang. Hal ini secara tidak langsung juga mengurangi efek perih di area mata.

  1. Kunyah Permen Karet

Sebelum mengupas atau mengiris bawang merah, kunyah dulu permen karet favorit. Cara ini juga ampuh mengurangi efek perih yang bisa dihasilkan waktu melakukan aktivitas tersebut. Otot wajah yang bergerak aktif terutama di area mata sangat baik untuk menangkal komponen yang bikin mata perih.

  1. Bawang Merah Yang Didinginkan

Kalau Baraya mau mengurangi rasa perih saat mengupas bawang merah, masukkan bahan tersebut di lemari es terlebih dahulu. Proses pendinginan yang terjadi bisa memperlambat reaksi kimia yang terjadi, sehingga mencegah mata terasa perih.

  1. Kupas Di Bawah Air Yang Mengalir

Trik lain yang bisa Baraya coba adalah mengupas bawang merah tepat di bawah air yang mengalir. Aliran tersebut bisa membantu menghilangkan gas yang menguap dari bawang putih. Kondisi mata pun tetap aman terkendali.

  1. Sempotkan Cuka

Ternyata Cuka bisa membantu mengurangi efek mata pedih saat mengupas bawang loh Baraya. Caranya mudah, semprotkan sedikit cuka di permukaan talenan. Zat yang satu ini bisa menghentikan reaksi sulfur yang ada di dalam bawang merah.

  1. Potong Bagian Atasnya

Memotong bagian atas bawang merah bisa mengurangi risiko menangis saat mengupas bawang. Sebelum mengupas kulitnya, potong dulu bagian atas bawang untuk mengurangi rasa perih yang mengganggu.

  1. Nyalakan Kipas Angin

Menyalakan kipas angin bisa membantu mengusir senyawa belerang yang menguap. Angin yang dihasilkan bisa membawa pergi gas tersebut sebelum masuk ke dalam mata.

  1. Biarkan Akar Bawang

Membiarkan bagian akar tetap utuh alias jangan dipotong bisa mencegah sensasi perih pada mata. Bagian ujung ini memiliki kadar senyawa belerang yang lebih besar. Jadi, biarkan saja bagian akarnya dan tak perlu diiris.

Kini tak perlu lagi mengalami drama saat mengupas bawang merah. Ritual masak jadi lebih menyenangkan, dan pastinya bikin  Baraya semakin senang memasak di rumah. Selamat mencoba ya….