Feb201711

SEPAK BOLA

Buat Baraya terutama kaum pria permainan sepak bola merupakan salah satu cabang olah raga yang paling di gemari. Tidak hanya permainan di dunia nyata saja tetapi permainan game nya pun banyak digemari. Tahukah Baraya bahwa di dalam permainan sepak bola ada beberapa filosofi yang  ternyata bisa menjadi inspirasi seru dalam kehidupan loh. Apa saja sih filosofi yang bisa diambil dari permainan sepak bola bagi kehidupan kita sehari hari langsung simak aja yak….

1. Sepak bola merupakan olahraga paling rasional Nggak kurang dan nggak lebih!

Satu gol tercipta berarti punya arti satu gol untuk tim yang berhasil menceploskan bola. Itu merupakan bukti bahwa orang orang bisa lebih menerima sepak bola sebagai olahraga favoritnya lantaran lebih masuk akal. Beda hal dengan basket yang dari sebuah permainan terbuka, lalu bola masuk ke ranjang, dan poinnya bisa terhitung dua sampai tiga poin (tergantung jarak tembak). Bukan pula olahraga tenis yang pakai sistem hitung 15, 30, dan 40 untuk memenangkan satu game. Dalam sepak bola, tak sedikit pertandingan yang bisa berakhir dengan skor 0-0. Sehingga permainan Sepakbola dianggap bisa lebih menghargai poin dibandingkan dengan permainan olah raga lainnya.

2. Sepak bola adalah bahasa universal. Itu yang membuat orang-orang tertarik dengan olahraga tersebut

Dalam bukunya, seorang pakar sepakbola Pangeran Siahaan pernah mengatakan, sepak bola bukan hanya olahraga lintas ras, agama atau keberagaman lain, tapi juga lintas gender. Buktinya, klub-klub sepak bola Eropa punya tim cewek juga lantaran kompetisinya memang ada dan terjaga dengan baik di sana. Di sisi lain, FIFA juga punya hajatan empat tahunan antarnegara untuk para cewek. Jadi bukan hanya sekadar cowok saja yang bisa menikmati sepak bola, tapi cewek pun bisa. Itulah kenapa sepak bola disebut sebagai olahraga yang universal.

3. Sepak bola adalah bahan paling umum dalam proses sosialisasi. Sebuah tema obrolan yang mampu menyatukan berbagai ras.

Pernah nggak sih waktu Baraya nongkrong di warung kopi atau angkringan gitu dan melihat kalau orang orang baik di usia muda, sampai tua bisa saling terkoneksi karena obrolan tentang bola. Pada momen tersebut, Baraya bisa sadar bahwa ngerumpi nggak hanya identik sama cewek. Rumpiannya bisa lebih heboh, bahkan bisa diikuti dengan gestur-gestur yang masih mereka ingat tentang hal unik apa yang terjadi pada pertandingan malam hari sebelumnya.

Cuma karena pengetahuan sepak bola, orang-orang bisa dengan mudah dalam “kumpulan” lainnya. Entah itu analisisnya, sejarahnya, bahkan sampai hal remeh-temeh, bisa bikin seorang  terlihat seperti sahabat di mata orang-orang lainnya.

4. Karena sepak bola bukan sekadar olahraga permainan. Lebih dari itu sepak bola adalah pemersatu banyak perbedaan

Sepak bola bisa menyatukan perbedaan. Memang benar kalau olahraga yang satu ini nggak selalu membawa perdamaian, tapi jika dipahami dengan baik, keseruannya bisa membuat orang lupa dengan latar belakang mereka. Itulah alasan lain kenapa sepak bola disebut bahasa universal.

5. Sepak bola adalah ruang untuk menguji kesetiaan. Hal penting tatkala bila pria berkomitmen dengan istri.

Tak ada hal lain yang bisa menguji loyalitas seorang pria yang belum menikah ketimbang tentang klub kesayangannya. Sepak bola merupakan ruang untuk menguji itu semua. Meski diledek habis-habisan karena timnya kalah terus, bukan serta-merta seorang pria bisa melepas statusnya sebagai pendukung tim tersebut dan menggantinya dengan tim lain.

Nggak heran kalau kebanyakan pria sangat suka dengan hal yang namanya sepak bola. Karena olahraga tersebut, para pria yakin bisa melatih loyalitasnya. Hitung-hitung latihan sebelum loyal pada satu istri. :))

6. Sepak bola bukan sekadar 22 orang berebut satu bola, tapi lebih dari itu. Semacam refleksi hidup

Jika Baraya  salah satu orang yang menyebut 22 yang mengejar-ngejar satu bola itu sebagai pekerjaan yang sia-sia, dari sudut pandang pecinta bola, Baraya layak berada di tempat paling bawah di neraka. Para pecinta olahraga sepak bola ini nggak asal suka. Mereka menjadikan sepak bola sebagai salah satu cerminan hidup. Hidup merupakan sebuah kompetisi, sedari jadi benih sebelum bekerja sama dengan sel telur, Baraya  telah melewati banyak kompetisi. Tentang 22 orang, sebenarnya Baraya  harus sadar bahwa 10 orang di dalam lapang sana merupakan temanmu. Sisanya jumlah lawan. Kerja sama tim merupakan salah satu pengejawantahan bahwa kita merupakan makhluk sosial. Makhluk yang membutuhkan orang lain. Sedangkan lawan merupakan rintangan dan tantangan hidup yang harus ditaklukkan untuk bisa menciptakan dan mencapai tujuan.

7. Sebab, lewat sepak bola lah orang -orang bisa menikmati olahraga yang (bisa) penuh dengan drama

Sudah diketahui secara umum bahwasanya sepak bola adalah olahraga yang keras. Sedikit manja di lapang atau cengeng, Baraya bisa jadi bahan bully para pecinta sepakbola. Lihatlah kenyataannya: ada pemain top yang pura-pura jatuh saja bisa jadi headline di surat kabar olahraga. Di samping itu, sepakbola merupakan ajang di mana Baraya  bisa melihat drama. Drama dalam sebuah pertandingan bola menjadi hal-hal yang ditunggu-tunggu untuk disaksikan. Ketimbang nonton drama-drama nggak jelas, ‘kan? Mending nonton bola deh.

8. Datang ke stadion dan bersatu padu dengan sesama pendukung lain adalah pengalaman penting tersendiri

Datang ke stadion untuk mendukung tim lokal merupakan hal yang wajib dirasakan pria seumur hidupnya. Datang langsung ke stadion akan beda rasanya dengan jadi penikmat layar kaca. Baraya dituntut fokus dan dituntut memaksimalkan pikiran. Hadir di stadion secara langsung memaksimalkan seluruh kemampuan panca inderamu. Mata dan telinga jadi paling dituntut. Beda dengan nonton di TV, penglihatan Baraya  bisa sangat dimanjakan dengan tayangan jelas perpindahan satu pemain ke pemain lain. Atau juga tentang siapa yang menggiring bola, kamera bisa memperlihatkan pemain tersebut. Tayangan ulang pun tersedia jika kita menonton di TV. Di stadion, jika Baraya  melepaskan perhatian sedikit saja, maka lewat sudah momen penting tersebut. Atmosfer pertandingan di stadion itu luar biasa menyenangkan.

          Nah itu dia beberapa filosofi mengenai permainan sepak bola, dan kesimpulannya permainan sepak bola bukan hanya sekedar mengejar bola untuk melakukan gol ke gawang musuh saja loh. Tetapi ternyata di balik itu semua ada beberapa hal yang bisa menjadi pelajaran kehidupan bagi kita semua melalui sepak bola. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Baraya semua ya..:D