Fakta Spesial Hari Musik Nasional
Mar201503

Baraya tau gak sih di tanggal 9 Maret ini, ternyata diperingati sebagai Hari Musik Nasional? Sejak tahun 2013 lalu Hari Musik sudah ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lho!

Hari ini ditetapkan dengan  tujuan agar masyarakat Indonesia lebih mengapresiasi musik, dan juga mengingat bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang memiliki peran dalam pembangunan nasional.

Musik yang Baraya suka ternyata punya peran yang penting untuk kehidupan kita lho. Jadi, buat Baraya yang suka dengerin musik, harus tau juga fakta tentang musik di Indonesia. Fakta-fakta spesial Hari Musik lainnya bisa Baraya dengerin di Hits Persada Cakra Sore Spesial Hari Musik Nasional yaa.

  • Ternyata di Indonesia, musik sudah dikenal sejak sebelum tahun masehi dan dalam perjalananya, musik dan komposisi dari musik indonesia bergaya modern, sangat mendapat pengaruh dari pengalaman musikal para musisi dari setiap masa. Musik modern ini merupakan ciptaan para komposer hebat yang menemukan aturan harmoni yang jelas dan enak untuk didengarkan. Musik modern indonesia sendiri mendapat pengaruh dari musik modern di luar indonesia (musik barat).
  • Baraya pasti suka sama musik dangdut kan? Dangdut identik dengan musik Melayu dan India, dimana yang menjadi ciri khasnya adalah bunyi gendang, yang jika didengar, akan keluar bunyi dang dan dut. Karena itu juga lah musik ini dinamakan musik dangdut. Unik kan?  Dangdut adalah musik yang sangat merakyat bagi bangsa Indonesia sejak jaman berdirinya negara Indonesia. Musik Dangdut berakar dari Musik Melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940 an.
  • Music adalah bahasa dunia yang nyaman saat kamu sedih, menangis ataupun marah. Musik mampu membuat kita mengenang masa lalu. Menimbulkan harapan dan lain sebagainya.
  • Kanada adalah negara yang paling banyak menyelenggarakan festival musik Jazz, setiap tahunnya paling tidak ada 40 gelaran Jazz di sana.
  • Mendengarkan musik dengan earphone/headset dengan volume yang keras selama 1 jam saja. Bisa meningkatkan jumlah bakteri di telinga 700 kali lipat.
  • Tayangan video dari penyanyi kulit hitam pertama di MTV adalah Billy Jean, milik Michael Jackson.
  • Michael Jackson tercatat sebagai musisi yang berhasil meraih piala Grammy terbanyak dalam sejarah. Hingga akhir hayatnya, ia berhasil mengumpulkan delapan piala bergengsi ini.
  • Oleh sebagian orang musik Rock N’ Roll sebagai musik rendahan dan mengancam musik yang berkualitas. Oleh karena itu, di mulailah tradisi Grammy Award yang pertama kali pada tanggal 4 Mei 1959, hingga sekarang.
  • Musik bisa meredakan rasa sakit kepala sebanyak 20% dan menurunkan level depresi hingga 25%.
  • Anjing dan kucing ternyata responsif terhadap music. Anjing lebih cocok mendengarkan musik klasik, sedangkan kucing senang dengan musik ballad.
  • Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
  • Koes Plus, Legenda Musik Indonesia ternyata pernah masuk penjara, karena dituduh oleh Ir. Soekarno membawakan lagu yang mirip-mirip The Beatles. Ir. Soekarno sangat membenci musik berbau “barat”. Mendengar ancaman dari Ir. Soekarno, Benyamin S. juga hampir masuk penjara, dan akhirnya Benyamin S. mengganti aliran musiknya yaitu musik Betawi.