Dec201631

IMG-20161228-WA0017

 

Tahukah Baraya kalau ternyata Tahun Baru pertama kali digelar pada tanggal 1 Januari 45 SM tidak lama setelah kaisar Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma. Beliau ini lah yang memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang sudah diciptakan dan digunakan sejak abad ketujuh SM. Pada saat mendesain kalender baru, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes yang merupakan seorang ahli astronom dari Iskandariyah. Mereka membuat penanggalan baru dengan mengikuti revolusi matahari seperti yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini.
Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus. Pada awalnya kalender romawi kuno menggunakan tanggal 1 Maret sebagai Hari Tahun Baru. Tetapi seiring berjalannya waktu orang romawi kuno mulai menggunakan tanggal 1 Jauari sebagai awal tahun baru, dikarenakan adanya revisi pada sistem penanggalan yang disebut kalender Gregorian. Umat islam sendiri menggunakan sistem penanggalan yang terdiri dari 354 hari setiap tahunnya sehingga pada masa itu meskipun tanggal 1 januari digunakan sebagai Hari Tahun Baru tetapi masih banyak juga beberapa orang yang memperingati tahun baru pada tanggal yang di tentukan oleh Agama.

 

  • CARA MERAYAKAN TAHUN BARU PADA MASA LAMPAU

 Pada zaman dulu kebanyakan orang orang memulai tahun baru dengan hari panen, pada saat itu mereka melakukan kebiasaan untuk meninggalkan masa lalu dengan cara memurnikan dirinya untuk mengawali tahun baru. Orang Persia kuno mempersembahkan hadiah telur untuk Tahun Baru, sebagai lambang dari produktivitas. Orang Romawi kuno saling memberikan hadiah potongan dahan pohon suci. Belakangan, mereka saling memberikan kacang atau koin lapis emas dengan gambar Janus, dewa pintu dan semua permulaan. Bulan Januari mendapat nama dari dewa bermuka dua ini (satu muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang). Orang-orang Romawi mempersembahkan hadiah kepada kaisar. Para kaisar lambat-laun mewajibkan hadiah-hadiah seperti itu.  Pada tahun 1200-an pemimpin-pemimpin Inggris mengikuti kebiasaan Romawi yang mewajibkan rakyat mereka memberikan hadiah tahun baru. Para suami di Inggris memberi uang kepada para istri mereka untuk membeli bros sederhana (pin).

  • CARA MERAYAKAN TAHUN BARU PADA MASA SEKARANG

Sedangkan di zaman sekarang hampir sama dengan perayaan pada masa lampau  hanya saja rangkaian acara yang di adakan dalam menyambut tahun baru lebih beragam, tidak hanya sekedar berkumpul bersama keluarga sambil memberi hadiah . Biasanya berbagai acara di adakan untuk memeriahkan malam tahun baru dibuat masyarakat di penjuru dunia.Nah berikut ini ada beberapa tradisi unik merayakan Tahun Baru apa saja sih ?

Membersihkan Rumah

Biasanya nih orang-orang  menyambut tahun baru dengan membersihkan rumah dan mempersiapkan diri menyambut tamu yang akan datang. Mitosnya siapa tamu pertama yang masuk melewati pintu rumah dan membawa hadiah bagi tuan rumah akan menentukan keberuntungan bagi seluruh keluarga.

Begadang Sambil Bakar-Bakaran

Mendengar kata tahun baru, pasti ada teman atau keluarga yang bertanya “mau bakar apa malam ini”. Tentu tradisi bakar-bakaran saat malam tahun baru banyak di lakukan masyarakat terlebih di indonesia ini, biasanya tradisi bakar-bakaran ini di lakukan sekaligus menunggu jam tepat pergantian tahun baru. Biasanya juga bakar-bakaran ini di temani ayam, jagung atau makanan lainnya yang bisa di bakar.

Konvoi Kendaraan

Di daerah ibukota mungkin sudah jarang di temui tradisi unik yang satu ini, di karenakan banyak dari ibukota pada saat malam tahun baru di isi dengan acara Car Free Day. Namun di beberapa daerah lain masih banyak yang melakukan konvoi kendaraan. Banyak di antara kaum muda menjadikan konvoi kendaraan ini agenda wajib setiap malam tahun barunya. Biasanya mereka juga akan memasang knalpot bronk atau racing untuk kendaraannya.

Nonton Konser Musik

Malam tahun baru juga pasti dimeriahkan dengan berbagai konser besar yang berlangsung di beberapa daerah untuk menghibur masyarakat hingga pergantian tahun tiba. Konser ini juga diramaikan oleh para musisi besar di Tanah air dan di siarkan Live di Stasiun televisi. Biasanya para kaum jomblo ngenes akan menghabiskan malam tahun baru untuk menonton konser, mana di TV pula 😀

Kembang Api

Setiap perayaan malam tahun baru, kembang api memang sangat identik dengan momen pergantian tahun baru. Hal tersebut memang sudah menjadi tradisi seluruh masyarakat di dunia. Bahkan, di setiap negara sudah memiliki kembang api khas negara mereka khusus untuk memeriahkan tahun baru. Waw !

Meniup terompet Tahun Baru

Tradisi meniup terompet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya suka meniup terompet saat malam tahun baru. Terutama ketika detik-detik pukul 23.59-00:00 pergantian tahun sudah berlangsung. Semuanya akan meniup terompet bergantian dan saling sahut menyahut. Prettt prettt !

Belanja Diskon %

Kebiasaan ini nih yang paling ditunggu nih Baraya, yaitu Belanja Diskon Akhir tahun. Pada setiap pergantian tahun baru, semua mall dan pusat perbelanjaan saling berlomba lomba untuk memberikan diskon murah bagi barang yang mereka jual. Tak ayal para pemburu barang pun berlimpah ruah memenuhi mall-mall di seluruh indonesia. Terlebih bagi Baraya yang hobi berbelanja, tentunya momen ini akan sangat berharga. Dan biasanya harga Diskon yang di tawarkan beragam mulai dari diskon 50%, sampai dengan diskon 99% yang pasti syarat dan ketentuan berlaku.

Nah itu dia beberapa tradisi unik orang indonesia dalam merayakan malam pergantian tahun alias malam tahun baru. Kira kira Baraya biasanya melakukan tradisi apa saja nih bersama keluarga ?

Selamat Tahun Baru semoga di tahun baru ini segala harapan, impian dan cita cita dapat terwujud.