Jul201704

ibu dan anak

Kalau Bayi bisa ngomong pasti mereka akan mengungkapkan seperti apa sih tipe dari sosok ibu yang senantiasa menjaga dan merawat mereka. Dan ternyata sifat dari seorang ibu bisa dilihat dari cara ibu dalam mengasuh anak-anaknya loh. Nah berikut ini beberapa karakter unik yang dimiliki seorang ibu kira-kira yang mana nih yang sesuai dengan Baraya…

1.       TIPE PERFEKSIONIS

Buat si ibu yang perfeksionis segala sesuatu nya harus selalu sempurna, biasanya tipe ibu yang satu ini sibuk mencari tahu tentang bagaimana sih cara mengasuh anak yang baik dan benar. Kalau Baraya termasuk tipe ibu perfeksionis ini biasanya akan melakukan banyak hal demi memberikan hal yang terbaik kepada anak. Baraya juga selalu mengusahakan supaya anak-anak nya selalu bahagia, sehat dan bersih setiap harinya. Menjadi ibu yang perfeksionis memang tidak ada salahnya. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai beban. Saat gagal jangan takut untuk mencoba hal yang baru. Belajar untuk menerima kesalahan akan membuat Baraya menjadi ibu yang bebas dari stres

2.       TIPE RUTINITAS

Segala aktivitas selalu mengikuti jadwal. Sebisa mungkin Baraya selalu mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Mulai dari jadwal bangun tidur, makan, mandi hingga jadwal nyemil. Semuanya diikuti sesuai jadwal yang dibuat. Hal ini memang baik untuk melatih disiplin pada anak. Tapi, tahukah Baraya  jika akan ada kejadian yang tidak terduga yang harus merelakan saat aktivitas Baraya terganggu. Jadi berlaku fleksibel pun perlu Baraya lakukan.

3.       SI SANTAI

Bukan tidak dapat melakukan aktvitas secara baik, namun Baraya lebih merasa fleksibel. Ada beberapa kejadian yang terjadi tidak sesuai prediksi dapat Baraya lakukan dengan tenang. Sayangnya mengasuh secara santai pun tidak selamanya baik., sebaiknya dalam kondisi tertentu bersikap lebih perfeksionis. Sikap terlalu santai akan membuat anak menjadi sulit untuk bertanggungjawab.

4.       TERLALU CEMAS

Sebagai seorang ibu adalah hal yang wajar jika Baraya ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Merasa khawatir adalah hal yang wajar, namun jika khawatir berlebihan akan membuat anak sulit untuk berkembang. Rasa cemas yang berlebihan dapat mempengaruhi perkembangannya.Perlu kesabaran dan latihan untuk membiarkan anak untuk bebas mengeksplore dirinya. Terlalu cemas dan khawatir terhadap anak akan membuatnya rendah diri dan kurang percaya diri. Hal ini juga akan membuat anak jadi tergantung pada Baraya.

Itu dia beberapa karakter unik dari seorang Ibu, ternyata ada banyak kelebihan dari setiap karakter unik itu ya dan yang pasti dari semua karakter unik itu intinya setiap ibu senantiasa menginginkan yang terbaik dalam memberikan pendidikan dan kasih sayang terhadap anaknya. Kira kira dari semua tipe dan karakter unik diatas yang mana nih yang cocok dengan Baraya ?

Jun201712

20140630_090736_puasa-anak-latihan

Bulan ramadhan bukan hanya di jalani oleh orang dewasa saja tetapi menjadi ajang pembelajaran baru bagi si kecil, bukan hanya sekedar belajar agama saja tetapi juga belajar untuk mengendalikan diri dan kesabaran. Nah tapi bagaimana sih caranya agar si kecil bisa berpuasa dengan baik dan benar untuk pertama kalinya ?

  1. AJAK ANAK PUASA

Baraya  sudah bisa mengajarkan anak puasa sejak usia 5-6 tahun. Pertama yang bisa Baraya lakukan adalah mengajaknya lebih dulu untuk puasa, tidak perlu dipaksa. Ia akan penasaran apa itu puasa, dari sini Baraya bisa menjelaskan seperti apa itu puasa dan mengapa kita perlu melakukannya.

  1. AJAK ANAK MENYIAPKAN MAKANAN FAVORITNYA

Baik saat berbuka maupun sahur, coba Baraya  masak makanan yang disukai anak agar ia bersemangat melakukan puasa.

  1. JAUHKAN DAN MENYEMBUNYIKAN SEMUA MAKANAN DAN MINUMAN DARI PANDANGAN

Anak-anak akan sangat mudah tergoda ketika ada makanan dan minuman di depannya, bahkan mencium aroma makanan sudah mampu membuat mereka menyerah puasa. Nah, untuk mengatasinya, Baraya harus bisa menciptakan suasana puasa. Seperti misalnya tidak memasak jika belum mendekati waktu berbuka, tidak mengajak anak ke tempat-tempat ia akan melihat makanan.

  1. MENGINGATKAN ANAK UNTUK TIDAK BERAKTIVITAS MENGURAS TENAGA

Anak-anak biasanya suka bermain dan berlarian, ingatkan bahwa ia akan cepat lelah dan membuat puasanya batal. Untuk membuatnya tetap aktif dan tidak bosan, gantikan dengan aktivitas seperti membaca, mewarnai dan main game.

  1. BIARKAN ANAK TIDUR SIANG

Ketika anak tidur siang, tidak akan terasa puasanya. Cara ini membantunya tetap bisa menjalani puasa seharian. Dan pastinya mudah membuat anak mengantuk di siang hari, apalagi jika ia ikut bangun saat sahur.

  1. PUJI KEBERHASILANNYA

Baraya  Tidak perlu selalu menghadiahinya dengan barang, cukup dengan pujian yang tulus. Ini akan membuatnya bersemangat untuk menjalani tantangan puasa esok harinya.

Nah itu beberapa cara yang bisa Baraya terapkan untuk mengajari si kecil melakukan puasa untuk pertama kalinya. Ingat ya namanya anak-anak jangan terlalu dipaksa ya yang penting dia kuat untuk menjalani puasa.

May201716

Suka kesel yah kalau di rumah tiba-tiba tercium bau tak sedap padahal setiap hari selalu di bersihkan. Sekarang Baraya tidak perlu merasa kesal lagi rumah diliputi bau tak sedap karena ada beberapa resep praktis membuat pengharum ruangan di rumah tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan pasti dijamin aman…..

Tak perlu ke luar negeri untuk menikmati sensasi musim semi. Dengan lemon + vanili, aroma musim semi bisa Baraya hadirkan sendiri di rumah.

PENGHARUM RUANGAN LEMON DAN VANILLI

Sekilas kalau dilihat mungkin Baraya akan berpikir itu adalah infused water atau lemon squash. Tapi ini sebenarnya adalah pengharum ruangan yang memberi aroma musim semi di rumahmu. Untuk membuatnya sangat mudah, Baraya  hanya membutuhkan 2 buah lemon segar, 2 batang rosemary dan 1 sendok teh vanili. Caranya, potong lemon dengan ketebalan 0,5 cm, masukkan semua bahan ke dalam panci berisi 2 liter air, lalu panaskan. Didihkan dan jika sudah wangi, matikan kompor dan simpan dalam botol madu bekas yang telah dibersihkan.

Karena di Indonesia tak ada musim semi, Baraya  tak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri untuk sekadar merasakan musim semi. Cukup dengan membuat pengharum ruangan ini dan sensasi musim semi pun bisa Baraya  rasakan di rumah sendiri sambil bersantai menenangkan diri. Terlebih Baraya  akan merasakan aroma yang bergantian semerbak di ruangan lemon yang segar, berganti rosemary yang khas, dan vanili yang menenangkan. Kombinasi yang sempurna untuk menahanmu bersantai di rumah.

Baraya bisa menciptakan wangi ruangan yang segar dengan Spray aroma citrus yang semerbak

PENGHARUM RUANGAN SPRAY

Selain membuat pengharum ruangan dalam wadah, Baraya  juga bisa membuat pengharum ruangan spray alias semprot. Susah? Nggak kok. Yang Baraya  butuhkan hanyalah:

  • 1 Lemon
  • 1 Jeruk nipis
  • 1 Jeruk (citrus)
  • Alkohol (takarannya disesuaikan sendiri)
  • Air
  • Botol spray/ parfum kosong
  • Jar atau wadah yang bertutup

Cara membuatnya:

  1. Iris lemon, jeruk nipis, jeruk secara melintang (jangan terlalu tebal)
  2. Tuangkan cukup alkohol dalam jar atau wadah yang bertutup dengan semua jeruk, tutup rapat dan biarkan setidaknya semalam.
  3. Tips: semakin lama Baraya  merendamnya, maka semakin kuat aromanya.

Saring irisan jeruk dan tuangkan air endapan ke dalam botol parfum. Tips: Baraya  bisa menambahkan larutan alkohol lagi setengah dan larutan air setengah. Tapi, jika Baraya  ingin non-alkohol, tak perlu menambahkan alkohol lagi ke botol, cukup air saja.

Fruit rind air freshener pengharum ekonomis dengan kualitas jempolan….

Fruit rind air freshener

Nah, ini jenis pengharum ruangannya cukup unik. Baraya bisa menggunakan kulit buah untuk membuat aroma yang segar di kamar atau rumah. Bahannya adalah:

  • Garam laut
  • Buah jeruk segar (jeruk, lemon atau jeruk nipis)
  • Rempah segar (kemangi, mint atau cengkeh)
  • Pisau
  • Sendok

Karena bahannya sederhana, cara membuatnya pun sangat mudah:

  1. Pertama, belah buah menjadi dua. Tipsdisarankan buat  Baraya,  menggunakan buah jeruk, karena aromanya yang kuat dan segar. Tapi jika Baraya  ingin mencoba dengan buah lain juga tak masalah.
  2. Hilangkan daging buah dari kulit dengan menggunakan pisau atau sendok, kemudian isi setengah dengan garam laut. Info: garam laut memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bau jeruk demi menghilangkan bau-bau yang tidak sedap.
  3. Terakhir, Baraya bisa meletakkan kombinasi buah dan rempah segar. misalnya, kemangi di jeruk, mint di jeruk nipis, dan cengkeh di lemon. Kombinasi aromanya yang saling melengkapi sungguh menyenangkan untuk dinikmati.

Oh iya, untuk daging buah yang tidak terpakai, Baraya bisa menjadikannya minuman dengan memerasnya. Dengan begini, semua bagian dari buah jeruk ini bisa terpakai dengan efisien.

Bersiaplah menghirup aroma manis yang khas dari beeswax. Cara membuatnya juga gampang loh Baraya….

beeswax

Pengharum ruangan dengan lilin tak berbeda dengan yang sering kita sebut lilin aroma terapi. Mendengarnya saja mungkin sudah membayangkan betapa sulitnya membuat lilin ini, tapi tenang ternyata membuat lilin aromaterapi tidak sesulit yang di bayangkan loh agar tak boros uang untuk membeli selagi Baraya  bisa membuatnya sendiri. Pastikan sudah menyiapkan ini:

  • Stoples kaca (gunakan jar yang melebar dan bertutup. Tapi jika terpaksa tidak ada, Baraya bisa menggunakan jenis yang lain)
  • Lilin lebah/beeswax (lilin yang digunakan ini berbentuk seperti butiran beras yang berwarna kuning pucat. Kalau kamu tak bisa mendapatkan yang berbentuk butir, bisa menggunakan yang balok tapi harus dipotong dulu)
  • Sumbu
  • Loyang
  • Oven

Nah, sekarang perhatikan baik-baik cara membuatnya:

  1. Tempatkan sumbu dalam stoples dan isi dengan lilin lebah. isi dengan rata dan seimbang tak perlu sampai penuh
  2. Panaskan oven sampai 200 derajat. tempatkan stoples-stoples berisi lilin di atas loyang dan masukkan ke oven. di satu loyang, Baraya bisa memasukkan sekitar 9 stoples sekaligus.
  3. Tunggu sekitar 45 menit hingga 1 jam sampai lilin mencair. keluarkan lalu diamkan dalam suhu ruangan
  4. Sumbu harus dalam posisi tegak, kamu bisa menggunakan pensil untuk membantu membuatnya tegas. Tunggu sampai mengeras.

Sebaiknya jangan langsung menghidupkan lilin ini. Tunggulah sampai panasnya benar-benar mereda dan lilin kering seutuhnya, kira-kira satu hari. Setelah itu, Baraya bisa menggunakannya dan bersiaplah untuk aroma yang membuatmu tak ingin beranjak dari rumah.

Selain sebagai minuman ternyata Kopi juga bisa digunakan sebagai aroma terapi, Baraya juga bisa membuat lilin dari kopi

membuat-pengharum-ruangan-kopi-731066

Kopi biasanya dinikmati dengan diseduh. Selain rasanya yang mantap, kopi juga memang terkenal dengan aromanya yang menenangkan. Cara tradisional yang biasa dilakukan untuk menikmati aromanya sebagai pengharum adalah menggunakan roasted coffee bean yang diletakkan di piring kecil, lalu ditempatkan di meja kamar. Tapi, pengharum ruangan kali ini bisa membantumu membuat lilin beraroma kopi. Bagaimana caranya?

 Siapkan perlengkapannya ya:

  • Cat semprot bertekstur batu
  • Kaca gelas / vas
  • Wax atau lilin
  • Biji kopi (agar lebih sederhana Baraya bisa menggunakan kopi bubuk. Takarannya sesuai selera, jika gelas kacamu berukuran besar maka kopinya pun harus banyak)
  • Sumbu
  • Cawan

cara membuatnya:

  1. Mulailah dengan menyemprot wadah kaca/ vas dengan cat semprot dengan merata. Alasi dengan koran agar cat tak sampai menyentuh benda lain
  2. Kemudian masukan potongan lilin dalam cawan dan lelehkan lilin dalam microwave kira-kira 30 detik.
  3. Jika Baraya menggunakan biji kopi, maka Baraya harus menggilingnya terlebih dahulu.
  4. Letakkan sumbu dan ambil sedikit lilin yang telah meleleh, tuangkan ke wadah kaca/vas. Jika sudah kering, taburkan bubuk kopi di atasnya. Lakukan secara bergantian sampai hampir penuh.

Diamkan 1-2 jam sampai benar-benar solid dan lilin kopi pun siap dinyalakan dan dinikmati. Lilin ini bisa digunakan untuk Baraya  yang tak suka minum kopi tapi suka aroma kopi yang tenang.

Tenyata selain kopi teh juga bisa dibikin aroma terapi yakni tea-scented candle.

harumcnt

Selain kopi, teh juga bisa digunakan untuk pengharum ruangan. Aroma teh juga bisa membuatmu tidur lebih rileks dan nyenyak. Jadi, tak ada salahnya ‘kan mencoba membuatnya. Yuk! ini bahannya:

  • Teh celup (Baraya bisa memilih melati, pappermint, atau jahe)
  • Pilihan: Baraya juga bisa mencampurkan ekstrak rasa, seperti jeruk, bergamot, dll)
  • Lilin kedelai (jika tidak ada, kamu bisa menggunakan wax biasa)
  • Cangkir
  • Sumbu
  • Pangkalan logam
  • Minyak zaitun/ minyak kelapa

Caranya:

  1. Tuangkan sekitar 100 ml minyak ke dalam dan panaskan. Masukkan teh celup dan sedikit minyak sampai kantong teh membuka.
  2. Isi panci dengan dua cangkir penuh lilin dan lelehkan pada panas rendah sampai itu cair. Tuangkan ekstrak rasa (jika menggunakan) dan aduk rata.
  3. Kaitkan sumbu dengan pangkal logam. Masukkan, logam akan membantu sumbumu tetap tegak.
  4. Tuangkan lilin cair ke cangkir secara perlahan

Mudah ‘kan? lebih baik diletakkan di kamar agar Baraya  bisa merasa lebih tenang dengan aroma teh, atau jika ingin meletakkannya di tempat lain juga tak masalah.

Ternyata sampah daur ulang ini bisa menjadi pengharum ruangan yang menyegarkan

PENGHARUM GARBAGE DISPOSAL

Banyak orang mengira ini adalah jelly atau es buah. Sebenarnya, ini adalah pengharum ruangan. Teknik yang digunakan kali ini disebut garbage disposal. Membuatnya memang dengan cara didinginkan, tapi hasilnya bukan untuk diminum ya. Penasaran cara membuatnya? Bahan yang dibutuhkan:

  • Cuka putih
  • Kulit jeruk
  • Loyang muffin atau nampan es batu

Caranya mudah:

Letakkan beberapa kulit jeruk di loyang muffin atau nampan es batu. Lalu, isi dengan cuka. Bekukan sampai padat. Untuk mengeluarkannya dari loyang, Baraya bisa menggunakan pengoles mentega atau pisau dan mengeluarkan pengharum ini pelan-pelan.

Punya bunga kering sisa acara pernikahan ?? dibikin Potpourri aja yuk bray, aromanya tak kalah dengan bunga segar di pasaran loh !!!!

poutpourri

Potpourri adalah cara yang unik untuk menciptakan pengharum ruangan. Jika biasanya ruangan akan wangi jika dihiasi dengan bunga segar, potpourri justru menggunakan bunga kering. Bahkan jika Baraya  tak mendapatkan bunga kering, kamu harus bersedia mengorbankan bunga segar untuk dikeringkan. Tapi percayalah, aroma yang dia hasilkan tak kalah dari bunga segar yang sedang mekar. Untuk memulainya, siapkan dulu beberapa pernik ini:

  • Bunga kering (mawar, melati, lavender, dll.)
  • Minyak esensial (minyak lavender, dll.)
  • Rempah-rempah atau pernak-pernik lainnya (cengkeh dan batu-batu kecil untuk dekorasi)
  • Stoples

Caranya:

  1. Sebelum merangkainya, jika Baraya menggunakan bunga segar, maka harus dikeringkan terlebih dahulu. Baraya bisa menggantungnya secara terbalik dan diamkan beberapa minggu sampai sepenuhnya mengering.
  2. Setelah bunga kering, tempatkan dalam sebuah wadah dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Tutup wadah dan biarkan bunga untuk menyerap minyak selama beberapa minggu.
  3. Setelah siap, kamu bisa mulai menghias bunga-bunga dengan berbagai pernik yang Baraya suka.

selain bisa untuk pengharum rumah sendiri Baraya juga bisa menghias stroplesnya dengan pita dan dijadikan kado ulang tahun untuk sahabat tercinta.

Gel Air Freshener, keliatannya sih susah tapi ternyata hanya butuh 2 tahap Baraya pun bisa menikmatinya dengan aroma yang disukai

Gel-Air-Fresheners-1

Meski banyak anggapan membuat pengharum gel itu sulit, tapi sebenarnya tidak juga kok. Justru tantangan ini yang wajib Baraya coba. Yuk siapkan bahannya!

  • 1 ons butiran atau bubuk gelatin
  • 2 cangkir air dingin
  • 20-30 tetes minyak esensial (pilih aroma yang kamu suka)
  • 1 sendok makan garam
  • (Opsional) pewarna
  • Sumpit sekali pakai atau tusuk untuk digunakan sebagai aduk tongkat

Mari mulai membuatnya:

  1. Tuangkan satu cangkir air mendidih dalam panci kecil. Taburkan gelatin di atas air mendidih dan aduk sampai halus dan semua gelatin larut. Tambahkan garam dan cangkir kedua air dingin dan aduk rata. Sisihkan.
  2. Tambahkan tetesan minyak esensial dan pewarna. Aduk sampai warna merata.
  3. Biarkan dingin dalam suhu ruangan. Siap dinyalakan.

Gampang ‘kan? Ternyata tak susah, Baraya  hanya butuh kesabaran dan ketelatenan. Lilin gel ini akan bertahan kira-kira 4 minggu.

Nah itu dia beberapa resep pembuatan pengharum ruangan yang bisa Baraya bikin di rumah, selain bisa digunakan secara pribadi siapa tau ide ini bisa menjadi ladang baru dalam bisnis nih Bray…:D

Selamat mencoba dan semoga sukses

1234...12berikutnyaHalaman 1 dari 5