Awal Mula Tercetusnya 23 April Sebagai Hari Buku adalah Karena Kematian Sastrawan Terkenal??
Apr201823

Hai Baraya Kali Ini Kita Bahas Hari Buku Yuk!!

Vector_Book_blue.svgMau Tau Kan Sejarah di tetapkannya 23 April Sebagai Hari Buku , Mengapa ? hmm … Yuk kita Tambah Pengetahuan Kita Brayy …._animated_quill_pen_writing_in_book

Gini Bray,… Hari Buku Sedunia atau dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional, merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April.

diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Namun, di saat Seluruh dunia Memperingati Hari Buku 23 April, ada yang Berbeda Nih Bray dengan Di Inggris dan di Irlandia, hari perayaan ini jatuh pada hari Kamis pertama setiap bulan Maret, Kenapa Berbeda Ya Bray ? hmm … Jawabannya Gini Nih!

“Di Inggris dan Irlandia, Hari Buku Sedunia tak dirayakan setiap 23 April. Di dua negara ini, Hari Buku Sedunia diselenggarakan setiap Kamis pertama di bulan Maret. di Tahun 2012 , Inggris dan Irlandia merayakan hari buku di tanggal 1 Maret 2012. Mereka memindahkan tanggal tersebut ke awal Maret agar tidak berbentrokan dengan libur Paskah yang biasanya berkisar di tanggal itu. Selain itu, Inggris dan Irlandia juga merayakan St. George’s Day di tanggal 23 April, sehingga mereka memajukan perayaan mereka ke awal Maret.”

Hmm … Gitu Bray , Karna di dua Negara Tersebut di Tanggal 23 April Mereka Memiliki Hari Perayaan Tersendiri , Jadi Di Pindah deh … hihi :))

“Meskipun tidak merayakan di hari yang sama dengan negara lainnya, perayaan di Inggris dan Irlandia berlangsung dengan meriah. Irlandia, misalnya, menyelenggarakan festival buku sebulan penuh di ibukota negara, Dublin, yang diselenggarakan atas kerjasama UNESCO. Festival yang mengusung tema “Dublin: One City One Book”, bekerja sama dengan The Booksellers Association of Great Britain (Asosiasi Penjual Buku Inggris Raya), menerbitkan buku-buku khusus yang hanya diterbitkan dalam kesempatan ini. Selain itu, Dublin juga merayakan 100 Tahun Bram Stroker, sastrawan asal Dublin, yang terkenal dengan karyanya, Dracula.”

Wow, Seru Ya Bray , Tapi gimana Sih Sejarah Awalnya Hari Buku ?

Awalnya Bray , … Hari Buku Sedunia dirayakan pertama sekali pada tanggal 23 April 1995.

Mengapa Tanggal 23 ? Gini Nih Bray Sejarahnya ….

“Hubungan antara 23 April dengan buku pertama sekali dibuat oleh toko buku di CataloniaSpanyol pada tahun 1923. Ide awalnya berasal dari penulis Valencia, Vicente Clavel Andrés sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal tersebut. Pada tahun 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega, serta hari lahir atau kematian beberapa penulis terkenal lain.”

Gitu Bray , Sejarah Tanggal 23 April sebagai Peringatan Hari Buku Yang Berkaitan dengan Kematian Sastrawan Terkenal …

jadi Selamat Hari Buku , Yuk Terus Baca Buku biar Tambah Pengetahuan nya ….

Baca Juga Ya Artikel” Lainnya di Sini Brayy …. Ingat Radio Ingat Cakra Geberrrrrrr Brayyyyy