Arisan
Feb201622

Arisan

Posted in Kabar Cakra

Hari ini udah bayar arisan belum? Minggu depan arisan dimana yah? Fenomena arisan memang sering banget kita temui di sekitar kita. Ternyata arisan adalah salah satu kegiatan atau usaha untuk menunjang terwujudnya “kesejahteraan”, kegiatan yang telah dilaksanakan oleh segala lapisan masyarakat. Di dalam kegiatan arisan ini telah banyak terwujud dalam pemenuhan kebutuhan jasmaniah (materiil), namun ada pengaruhnya juga terhadap kesejahteraan dalam segi social.

Misalnya saja untuk arisan barang, lapisan masyarakat tingkat menengah kebawah cenderung mengadakan arisan alat-alat rumah tangga non-elektronis, untuk lapisan masyarakat tingkat tengah cenderung mengadakan arisan peralatan elektronis, atau kendaraan bermotor.

Sedangkan untuk lapisan masyarakat tingkat atas cenderung mengadakan arisan rumah, dan lain-lain. Dan untuk arisan uang, masing-masing lapisan masyarakat juga mempunyai standar tertentu sesuai dengan kemampuan mereka.

Motif terbentuknya kelompok arisan ada beberapa alternatif, yaitu sebagai berikut:
1. Mempererat hubungan kekeluargaan.
2. Memenuhi kebutuhan secara bergotong-royong.
3. Memperbanyak teman.
4. Hanya sekedar menabung.

Dampak positif arisan, adalah:
1. Memupuk rasa kegotong-royongan pada diri anggota kelompok arisan.
2. Terjalin hubungan kekeluargaan.
3. Bisa terpenuhi suatu kebutuhan keluarga dengan cara menabung.
4. Mengisi waktu luang, sehingga tidak dipergunakan untuk mengadakan kegiatan yang tiada guna.

Tapi ingat ya Baraya Cakra, jangan sampai acara arisan digunakan untuk bergunjing, pamer harta kekayaan, dan yang pasti jangan sampai lupa dengan menjalankan tugas dalam keluarga 🙂