10 Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat
Jun201621

Ketombe sebenarnya adalah pengelupasan kulit kepala yang mengalami kekeringan, Ketombe biasanya terjadi akibat banyak faktor mulai dari salah memakai produk perawatan rambut, kurang asupan nutrisi, kulit kepala tidak dapat bernafas bahkan stress. Selain menggunakan perawatan rambut yang tepat untuk ketombe, Baraya bisa juga loh makan makanan ini supaya terbebas dari Ketombe…

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari merupakan salah satu jenis camilan yang ampuh dalam mengatasi ketombe rasa gurih dari penganan tersebut mengandung zinc dan vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut secara optimal. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti snack favorit dengan biji bunga matahari yang dipercaya dapat membantu dalam menghilangkan ketombe.

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang kerap digunakan dalam beauty treatment. Selain berfungsi untuk mencerahkan kulit, vitamin A di dalamnya juga dapat mengatasi ketombe membandel. Hal tersebut dikarenakan fungsi dari vitamin A dalam meluruhkan sel kulit mati. Tidak hanya itu, sodium yang terdapat di daging buahnya juga menghidrasi kulit secara optimal.

Apel

menyantap satu buah apel setiap hari dapat menjauhkan dari penyakit. Pernyataan tersebut bisa jadi benar adanya jika mengingat kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam apel. Mulai dari zat besi, zinc, mangan, potasium, vitamin A hingga vitamin B6 yang ampuh dalam mengatasi ketombe.

Salmon

Ikan yang satu ini memang dikenal kaya akan kandungan omega-3. Siapa sangka jika zat yang meningkatkan proses metabolisme tersebut juga dapat mengatasi masalah ketombe.

113,40 gram dari daging salmon akan memberikan 55% omega-3 yang dibutuhkan dalam sehari. Zat tersebut lah yang akan berfungsi dalam menjaga kelembapan kulit kepala.

Tuna

Jenis ikan laut lainnya yang dapat membantu dalam mengatasi masalah ketombe adalah tuna. Sama-sama mengandung omega-3, menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan yang dapat mengatasi ketombe. Omega-3 yang ada di dalam ikan tuna akan menutrisi sel kulit kepala secara optimal.

Kedelai

Penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering. Untuk mengatasi ketombe, bisa dengan memanfaatkan kedelai. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan vitamin E yang ada dalam kedelai. Zat tersebut berperan aktif dalam memperbaiki kualitas sel kulit kepala. Sehingga kulit kepala lebih ternutrisi dan terhindar dari masalah ketombe.

Tiram

Tiram mungkin lebih dikenal sebagai makanan afrosidiak. Namun, kandungan zinc dalam jumlah tingginya mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok. Maka dari itu, variasikan santapan laut dengan menambahkan tiram. Sehingga tidak akan ada lagi rambut berketombe.

Kentang

Salah satu jenis sayuran yang biasanya diolah menjadi French fries ini juga dapat mengatasi ketombe secara ampuh karena kentang memiliki kandungan vitamin A yang ampuh dalam mengatasi pengelupasan sel kulit mati. Kondisi tersebut merupakan penyebab ketombe yang biasa dialami oleh banyak orang.

Kacang Mede

Jenis kacang yang biasa digunakan sebagai campuran cokelat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Salah satu faktornya karena kacang mede kaya akan zinc. Zinc sendiri merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk menutrisi sel kulit kepala secara optimal. Sehingga kulit tetap lembap dan terhindar dari masalah ketombe.

Daging Merah

Penyebab ketombe yang sering dialami oleh sebagian orang adalah kekurangan asupan zinc. Maka dari itu, untuk mengatasi ketombe dapat dilakukan dengan memperbanyak penganan yang mengandung zinc. Salah satunya adalah daging merah.

Cobain deh makan ke 10 makanan ini dijamin kulit kepala bebas dari ketombe dan yang pasti rambut baraya akan tetap sehat…. 😀